Bakal Menyesal Belum Pernah Ke Pulau-Pulau Pesawaran Lampung yang Cantik Ini

Tidak ada habisnya untuk memperbincangkan tempat-tempat wisata yang mampu menyihir perasaan menjadi lebih baik.

Khususnya wisata alam Indonesia raya tercinta kita ini. Wisata baharinya begitu kaya dan jaya. Berbagai macam pantai yang tersebar di bagian wilayahnya.

Semuanya memiliki keunikannya masing-masing. Bagian provinsi paling selatan di pulau Sumatra, Lampung menjadi provinsi yang paling dekat dengan laut. Sehingga pemandangan laut sangat mudah ditemui.

Pantai-pantai banyak dikelola dan dibuka untuk umum. Sehingga siapa saja yang ingin merasakan suasana laut sangat mudah didapat.


Selain pantai memukaunya, Lampung memiliki wisata pulau yang sangat wajib dikunjungi oleh sobat piknik. Kali ini kami ada mereview pulau cantik yang wajib dikunjungi di Lampung. Khususnya di Kabupaten Pesawaran.

Pulau Tegal Mas


Pulau ini menawarkan keindahan pasir putih yang lembut dan pemandangan bawah laut yang aduhai. Sobat bisa sekedar berenang, snorkeling atau diving disini.

Pulau tegal mas
Instagram/@patrishiela

Sekitar 5 meter saja dari bibir pantai menuju laut, sobat sudah bisa temui terumbu karang yang sangat cantik dan bisa menyapa beragam biota lautnya disana.

Tarif masuk pulau tegal mas ini adalah 25.000/orang. Untuk menyewa kano sobat perlu menambah biaya 25.000 lagi. Dan untuk biaya retribusi sport sebesar 25.000.

Pantai tegal mas ini terletak di Desa Gebang, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Sobat bisa mengawali perjalanan menuju pulau ini dengan 3 alternatif yaitu dari pantai mutun, pantai sari ringgung dan BBL Hanura dengan menyewa kapal yang siap mengantar sampai ke pulau dengan tarif tertentu.

Jika sobat ingin menghabiskan malam di pulau tegal mas ini juga bisa. Disediakan cottage untuk pengunjung yang ingin menginap dengan harga yang bervariasi. Dan tergantung pada waktu datang. Weekend atau weekday. Harga sewa berkisar antara 1.500.000-3.000.000/ malam.

Pulau Pahawang


Surga tersembunyi di tanah bumi ruwai jurai sering menjadi sebutan untuk pulau eksotis ini. Karena belum banyak yang tahu tentang wisata pulau satu ini.

Pulau pahawang lampung
Instagram/@pahawang_island_lampung

Tetapi tidak diragukan lagi bahwa pulau Pahawang sudah santer terdengar gaungnya di kalangan kaum traveler.

Pemandangan bawah laut yang asik menjadi penawaran yang sangat sulit untuk ditolak. Macam terumbu karang dan biota laut akan membuat sobat betah berlama-lama di sini.

Pulau pahawang terletak di Desa Pahawang, Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran. Sekitar 3 jam perjalanan dari Bandar Lampung.

Pulau ini terbagi menjadi 2 yaitu pahawang besar dan pahawang kecil. Biasanya yang digunakan untuk snorkeling pengunjung adalah pahawang besar. Karena pahawang kecil adalah pantai yang lebih privat.

Saat berkunjung kesini juga bisa sekaligus mengunjungi 2 pulau lainnya yang berada didekatnya yaitu pulau kelagian besar dan kelagian kecil.

Untuk memasuki lokasi pulau ini dipungut biaya sebesar 20.000. Dan ada biaya kebersihan saat akan turun dari kapal sebesar 20.000. Selain itu ada biaya parkir kendaraan di dermaga tempat start menuju pulau pahawang 15.000 untuk mobil dan 10.000 untuk motor.

Jasa sewa peralatan alat senam juga disediakan dengan biaya berkisar antara 40.000 sampai 50.000. Tinggal bagaimana sobat piknik bisa nego harga.

Di pulau ini disediakan tempat penginapan juga dengan harga dan fasilitas yang bervariasi. Atau jika tidak ingin memakan banyak biaya bisa mendirikan tenda juga. Karena ada jasa sewa tenda yang ditawarkan. Bisa lebih berbaur dengan alam rasanya.

Pulau Kelagian


Pulau kelagian ini ada 2 yaitu kelagian besar dan kelagian kecil atau dalam bahasa lampung disebut kelagian lunik. Dua-duanya berdekatan dan merupakan pulau yang keren untuk disinggahi.

Pulau kelagian lampung
Instagram/@kliqtravel

Dan letaknya yang berdekatan memungkinkan sobat bisa sekaligus menjelajah pulau disekitarnya. Seperti pulau pahawang atau pulau mahitam.

Jarak tempuh antara 1 pulau ke pulau lainnya sekitar 10-15 menit menggunakan jasa antar kapal. Dengan tarif sekitar 20.000.

Baik kelagian besar atau kelahiran kecil. Sobat bisa melakukan kegiatan menyelam. Karena airnya sama-sama jernih dan pemandangan bawah laut yang apik.

Jika hanya ingin duduk di bibir pantainya juga tidak kalah elok. Pasir putih nan lembutnya memungkinkan sobat piknik yang berkunjung pengen ngelus-ngelus terus.

Sudah banyak penjaja makanan yang berada disana. Jadi untuk sekedar mengganjal perut yang mulai oleng tidak perlu khawatir.

Pulau Mahitam


Pulau mahitam atau oleh penduduk sekitar disebut maitem juga merupakan potensi wisata alam Lampung yang tidak boleh dilewatkan.

Pulau mahitam lampung
Instagram/@rhmad_daru

Pemandangan kabupaten pesawaran masih memiliki begitu banyak yang belum terekpos. Pulau mahitam ini sebenarnya belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Tapi saat sobat berkunjung kesini, bisa dipastikan guratan kekecewaan di wajah takkan pernah ada.

Pulau ini terletak di desa Gebang, kabupaten pesawaran, lampung. Seperti pulau lainnya, pasir putih dan lembut bisa sobat jumpai. Dan kejernihan airnya tidak akan bisa dipungkiri.

Untuk fasilitas belum selengkap pulau lainnya. Namun toilet sudah disediakan. Penginapan juga terlihat sudah ada yang ditawarkan.

Pulau Legundi


Pulau cantik ini terletak di Punduh Pidada, Pesawaran, Lampung. Sekitar 3 jam juga dari pusat kota Bandar Lampung.

Pulau legundi lampung
Instagram/@yulianilhami

Walaupun belum setenar pulau pahawang ataupun tegal mas tapi pesona pulau ini tidak bisa dibilang biasa saja. Dijamin siapapun yang berkunjung kesini akan betah berlama-lama.

Pemandangan underwater nya sangat cantik dengan pesona snorkeling dangkalnya. Oleh sebab itu, sobat piknik yang tidak jago berenang tetap bisa merasakan sensasi pemandangan bawah lautnya.

Air jernihnya, nyiur deretan pohon-pohonnya disana. Pasti akan memanjakan sobat semua bisa juga sampai me-ninabobo-kan saking nyamannya.

Rute perjalanan darat dan laut harus ditempuh sobat piknik untuk mencapai pulau ini. Lebih baik gunakan kendaraan pribadi saat perjalanan darat kemudian nanti titipkan di parkir dermaga ketapang yang kemudian sobat menempuh perjalanan laut dengan kapal.

Sewa kapal berkisar antara 350.000 sampai 500.000. Tergantung bagaimana sobat bernegosiasi dengan penyedia kapalnya.

***

Pulau eksotis yang ada di kabupaten pesawaran, Lampung memang tidak akan bisa ditolak untuk dikunjungi. Pemandangan yang menyenangkan serta suasana tenangnya akan sangat mudah memunculkan energi positif sobat untuk keluar.

Untuk sobat piknik semua yang ingin berkunjung ke pulau cantik di pesawaran ini disarankan agar mempersiapkan kendaraan dengan kondisi prima. Agar perjalanan dengan medan yang tidak selamanya mulus akan mudah dilalui.

Dan sediakan uang pecahan kecil juga karena transaksi pembayaran banyak dilakukan saat trip kesini. Siapkan juga tubuh yang fit agar perjalanan makin menyenangkan.

Oiya, jika sobat semua ingin lebih hemat berkunjung ke pulau di atas. Bisa menggunakan jasa tour yang banyak menawarkan fasilitas-fasilitas perjalanan yang sesuai dengan biaya. Bisa sobat cari di pencarian untuk mendapat agen tur yang sesuai. 

Salam traveling sobat piknik semua.

2 komentar untuk "Bakal Menyesal Belum Pernah Ke Pulau-Pulau Pesawaran Lampung yang Cantik Ini"

Comment Author Avatar
Dan aku ..., beneran menyesal karena dulu ke Lampung tak sekalian liburan ke pantai-pantai cantik diatas.
Saat dulu ke Lampung cuma muter-muterin kota dan wisata ke salah satu bangunan kelenteng.

Duh, kapan ya bisa kesampaian lagi ke Lampung ...

Salam kenal kembali dari saya, Kang Piknik 🙂 , ini kunjungan pertamaku hehehe
Comment Author Avatar
Aaaakk iri! Pulau-pulaunya, setiap pulau tikelola dengan baik; ada dermaga/jetty-nya, dan lain sebagainya. Di Riung (Flores) juga banyak pulau tapi ya pulaunya dibiarkan saja begitu hehehe.