4 Candi Karanganyar Jawa Tengah Untuk Obat Candu Petualangmu

Situs sejarah yang menunjukkan Sejarah agama Hindu banyak ditemui di Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Destinasi ini memiliki keunikannya masing-masing. 

Dengan persamaan yang paling terasa adalah suasana yang sejuk dan dingin. Karena lokasi yang berada di lereng Gunung lawu. Candi apa sajakah itu, berikut reviewnya.

Candi Cetho


Alamat: Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794

Candi ini sebenarnya merupakan tempat wisata keagamaan. Yaitu agama Hindu. Pada saat-saat tertentu candi ini digunakan sebagai tempat beribadah warga Hindu sekitar. Jadi tidak heran jika ditemui sesajen di beberapa tempat di candi ini.

Candi cetho jawa tengah
Instagram/@anggunjosiepasemawatii

Letaknya berada di kaki gunung lawu dan merupakan salah satu rute pendakian menuju gunung ini. Suasananya sudah pasti sangat sejuk cenderung adem disini. Jangan lupa bawa baju hangat atau jaket ya sobat.

Medan menuju candi cukup sulit, menjak dan berkelok. Jadi jangan lupa cek kendaraan sobat sebelum ngetrip ke candi cetho ini ya.

Candi ini dibuka pada pukul 7 pagi hingga 5 sore. Dan pengunjung dipersilahkan membayar tiket masuk 5000 rupiah. Kemudian menuliskan data diri dibuku tamu. Lalu diberi kain yang dikaitkan dipinggang yang akan menutupi sampai di atas lutut. 

Untuk menghormati tempat tersebut maka hal itu harus diikuti. Dan menjaga sikap serta bicara selama disana jangan sampai sobat lupakan.


Candi Menggung


Alamat: Nglurah, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Menurut warga sekitar, tempat ini tidak seperti candi pada umumnya. Mereka menyebutnya bukanlah candi. Namun karena tempatnya sudah lama dan dikeramatkan jadi warga sekitar menjaganya dengan baik.

Candi menggung karanganyar jawa tengah
Instagram/@apurie

Hal tersebut terlihat dari tempat yang bebas dari sampah-sampah manusia. Dan disediakan banyak tong sampah di banyak titik.

Jadi tempat ini mirip dengan punden berundak. Dipagar memutari bangunan tanpa atap dan dikelilingi pohon-pohon dengan diameter yang besar.Ada 3 teras dan beberapa arca akan ditemui disana. 

Teras pertama sobat akan disambut oleh empat arca dwarapala saat menuju teras kedua. Sekitar 20 anak tangga dilalui sobat akan sampai di teras kedua yang lebih luas. Ada bebatuan yang ditumpuk membentuk persegi disana.

Menuju ke teras ketiga, sobat akan menemukan dua dwarapala lagi. Di teras ketiga ini ada pohon kantil yang sangat besar. Diantara akarnya yang besar terdapat arca yang kecil.

Kemudian di ujung teras ketiga ini ada arca utama yang menjadi pusat candi menggung ini. Yaitu arca kyai menggung dan Nyi rasa putih.

Candi ini ada loket tiketnya tapi sepertinya pengunjung hanya diharap kesadarannya untuk menjaga situs peninggalan sejarah ini saja. Karena petugas jarang ditemui.

Candi Sukuh


Alamat: Tambak, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Candi ini sempat mendulang kontroversi diantara warga sekitar. Sebabnya adalah karena candi ini sangat berbeda dengan candi-candi lain. Banyak relief atau arca di candi sukuh ini yang memperlihatkan alat vital pria maupun wanita.

Candi sukuh karanganyar jawa tengah
Instagram/@candi_sukuh

Namun lambat laun hal tersebut dapat diterima dan dianggap sebagai karya seni. Candi sukuh ini memiliki keistimewaan lain dibanding candi lain. Yaitu bangunannya seperti bangunan suku maya. Dengan piramida terpancung atau bangun trapesium.

Terdiri dari tiga teras, dengan luas yang semakin ke atas semakin luas. Suasana tentu sangat sejuk karena berada di kawasan pegunungan.

Untuk masuk ke situs sejarah ini sobat hanya membayar tiket masuk 7000 saja. Dan jam beroprasi pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Candi Kethek


Alamat: lereng lawu, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794

Jika sobat mengerti bahasa jawa maka saat mendengar nama candi kethek maka akan langsung terlintas tentang kera. Karena kethek merupakan bahasa jawa dari kera. 

Candi kethek karanganyar jawa tengah
Instagram/@christianov25

Asal usul penamaan kethek memang karena di sekitar candi ditemukan banyak kera. Sehingga warga sekitar menamai candi ini dnegan sebutan kethek. 

Candi ini sama fungsinya dengan candi cetho yaitu tempat peruwatan atau beribadatan. Terdapat empat teras namun tidak ditemukan bangunan seperti di candi cetho. 

Hanya terdapat pohon besar yang ditutupi kain putih di teras ketiga. Sedangkan teras keempat terdapat tempat yang digunakan sebagai tempat pemujaan.

Untuk menuju tempat ini, sobat harus melewati candi cetho terlebih dahulu. Di bagian atas candi cetho sobat akan menemukan gerbang kecil yang akan mengantarkan sobat menuju candi kethek. 

Perjalanan akan menyenangkan karena harus menyusuri hutan dan menyebrang sungai kecil. Untuk masuk ke wilayah candi kethek, sobat hanya membayar 1000 rupiah saja. Jam buka pukul 9 pagi hingga 5 sore. 

***

Itulah tadi 4 candi yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Semoga dengan membaca artikel ini sobat piknik bisa menambah wawasan dan kecintaannya terhadap situs sejarah di negeri kita yang kaya.

Terlebih lagi jika sobat beruntung bisa bertandang kesana. Jika penasaran dan berencana datang. Maka tetap ingat untuk selalu menjaga sikap, tutut dan kebersihan yah. Happy traveling.

Hobi banget traveling! Hampir setiap hari jalan-jalan, minimal jalan di tempat.

Jangan Lewatkan!

5 komentar:

  1. Belum pernah mengunjungi semuanya.. Jadi pengen lihat langsung..

    BalasHapus
  2. candi sukuh, lingkungannya luar biasa indah

    BalasHapus
  3. candi sukuh kek candi di atas awan awan kalok di gbarnya itu :D

    BalasHapus
  4. Di Jawa Tengah memang terkenal banyak candi ya? Info nya bermanfaat bagi para traveller dan wisatawan.

    BalasHapus