8 Destinasi Wisata Keluarga Di Bogor yang Wajib Dipilih Supaya Pintar dan Bahagia

Mencari tempat bermain luar ruangan di daerah perkotaan tidak mudah. Namun bukan berarti tidak ada. Tetap ada detinasi wisata keluarga di tengah hiruk pikuk aktivitas perkotaan. Jadi sobat tetap bisa mengajak si kecil untuk bermain di tempat yang menyenangkan. Bila sobat berada di Kota Bogor, artikel ini akan memberikan rekomendasi tempat wisata dengan konsep taman. Sangat cocok mengajak anak bermain sambil belajar disini.

Wisata kota bogor
Wisata Keluarga Kota Bogor

Berikut taman di sekitar Kota Bogor yang sudah rangkum kebanyakanpiknik.com disini. Informasi umum tentang alamat, jadwal buka, nomor kontak yang bisa sobat hubungi, harga tiket masuknya juga lengkap dengan fasilitas yang disediakan.

1. Agripark Taman Kencana (Kencana Park Bogor)


Lokasi Agripark taman kencana ini berada di jalan Taman Kencana Nomor 3, Babakan, Bogor tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Letaknya yang berada di pusat sangat strategis dan mudah dijangkau.

Harga tiket Kencana park bogor
Instagram/@o_dendyyy

Jadwal buka Kencana park Bogor ini setiap hari (senin-minggu), mulai dari jam 08.00 hingga 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kencana Park Bogor adalah 35.000 rupiah sampai 120.000 rupiah per orang. Harga tersebut tergantung dari paket wisata yang sobat ambil selama berkunjung.

Fasilitas Agripark Taman Kencana sangat cocok disebut dengan tempat wisata edukasi. Disini sobat bisa mengajak buah hati bermain, dekat dengan alam dan sekaligus belajar. Memang konsep yang diusung menenjemen tempat ini adalah mengajak anak-anak bermain dengan sengan disini sekaligus memberi edukasi tentang pertanian dan beternak.

Fasilitas Fun Farmingnya menyediakan area untuk anak-anak dapat belajar bercocok tanam. Anak-anak bisa menanam sayur atau buah-buahan. Dan anak diberi pemahaman tentang cara merawat tanaman tersebut.

Masuk lebih dalam lagi, sobat akan menemukan Agripark dengan Rumah Sapi Perah Dan Istana Kambing. Di area ini anak-anak akan diajarkan bagaimana cara untuk memerah sapi dan juga kambing dengan baik. Ada dua jadwal untuk memerah sapi dan kambing disini, yaitu jam 8 (delapan) pagi dan jam 3 (tiga) sore. Setelah susu diperah, selanjutnya dibawa ke Rumah Yogurth untuk diolah disana.

Secara umum, fasilitas disini selain taman hijau yang cocok dijadikan tempat wisata santai dan menyegarkan pikiran. Juga bermanfaat sebagai sarana informasi dan edukasi anak-anak tentang bertanam dan juga membuat yogurth. Selain itu juga ada kafe, mini lab dan juga toko souvenir khas Bogor disini.

Nomor telepon yang bisa sobat hubungi di Agripark Taman Kencana Bogor ini adalah 0251-8310438, mungkin sobat memerlukan informasi tentang tempat ini secara lengkap.

2. Agrowisata Gunung Mas


Alamat Agrowisata Gunung Mas ini di Jalan Raya Puncak-Kotak Pos 6 No. KM 87, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, 16750o

Fasilitas Agrowisata gunung mas bogor
Instagram/@dewi.queensha

Jadwal dimana sobat bisa berkunjung ke perkebunan gunung mas Cisarua ini pada jam buka pukul 7.00 sampai 15.00 setiap harinya.

Fasilitas di destinasi wisata Agrowisata Gunung Mas di Cisarua satu ini selain menyajikan hamparan kebun teh hijau juga memiliki kuda tunggang yang bisa disewa untuk berjalan-jalan dengan si kecil atau bermain layang-layang, juga bila ingin sekedar bermain-main di arena khusus anak. Tempat wisata ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara. Lebih lengkapnya ada beberapa fasilitas yang ditawarkan menejemen kepada pengunjung, yaitu.


  • Tea Corner dan Teh Cafe Agrowisawa Gunung Mas

Bila sobat berkunjung kesini bisa menikmati teh walini gratis di front office nya hanya dengan menunjukkan tiket masuk tadi. Selain itu juga di bagian tea corner-nya sobat bisa menikmati minum teh dengan pisang goreng sambil menikmati suasana sejuk disana.


  • Tea Walk

Jika sobat ingin berkeliling de kebun tehnya yang luas tanpa tersesat maka sobat perlu membayar lagi untuk fasilitas ini. Karena sobat akan didampingi seorang guide atau pemandusata. Untuk pilihan ini sangat cocok untuk anak-anak bahkan untuk orang dewasa juga sebenarnya. Sebab pemandu wisata nanti selain menemani berkeliling juga akan menjelaskan tentang perkebunan teh. Jadi wisata edukasi ini akan menambah pengetahuan pengunjung tentang perkebunan teh.


  • Menunggang Kuda

Kuda tunggangan disini jenis kuda Sumbawa yang bisa sobat sewa untuk melatih anak berani mencoba hal baru. Biaya untuk menyewa kuda ini bervariasi tergantung dari berapa jauh rute yang diinginkan dan juga durasinya.


  • Mobil Off Road dan ATV

Selain menyewa kuda, sobat juga bisa menyewa ATV atau mobil off road untuk berkeliling menikmati udara sejuk yang disediakan disana. Karena lokasi disini salah satu tempat yang cocok untuk tempat outbond di kota Bogor. 


  • Kolam Renang

Destinasi wisata ini juga menyediakan kolam renang sebagai salah satu fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Namun perlu diketahui bahwa lokasi tempat ini yang berada di 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan suhu berkisar antara 18-22 derajat selsius pasti akan sangat dingin menyengat. Bila sobat tidak terbiasa dengan suhu dingin lebih baik jangan berenang disini.


  • Berkemah

Sobat dan keluarga bisa berkemah bersama disini juga. Tidak usah khawatir jika tidak memiliki peralatan kemah. Disini sdisediakan untuk sobat yang ingin menyewanya. Jangan lupa bawa pakaian hangatnya ya.


  • Menyewa di Pondokan

Selain berkemah, sobat bisa memilih alternatif lain untuk menginap disini. Yaitu menyewa Pondokan yang disedikan pihak pengelolanya. Harganya tentu disesuaikan dengan fasilitas yang didapat, jadi berbeda-beda.


  • Main Gantole

Bukit gantole Bogor sering dijadikan sebutan untuk tempat ini karena memang disini adalah tempat yang terkenal dengan lokasi untuk bermain gantole. Jadi untuk sobat yang biasa bermain olahraga ini wajib dicoba sepertinya.


  • Pusat Oleh-Oleh

Saat pulang dari piknik nanti sobat tidak perlu bingung harus membawakan apa. Disini ada pusat oleh-oleh yang menjual produk khas perkebunan teh. Macam-macam teh bisa sobat dapat disini untuk dibawa pulang dan dibagi-bagikan pda kerabat.

Harga tiket masuk Agrowisawa Gunung Mas ini relatif murah, hanya 15.500 rupiah saja sobat sudah bisa mengajak anak-anak bermain disini. Rincian biaya untuk fasilitas lainnya sebagai berikut:

  • Tiket masuk (termasuk minum teh gratis) 15.500 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 4 KM 20.000 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 6 KM 25.000 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 8 KM 30.000 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 10. Km 35.000 rupiah
  • Berkuda selama 15 menit 30.000 rupiah
  • Berkuda selama 30 menit 50.000 rupiah
  • Sewa satu Mobil Off Road untuk 4 orang 100.000 rupiah per jam
  • Sewa ATV 50.000 rupiah selama 15 menit
  • Kolam renang 5000 rupiah (untuk yang menginap gratis)

Hubungi telepon 0251-8250356, 8252501 jika sobat membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Agrowisata Gunung Mas Cisaruas ini.

3. Alam Fantasia


Alamat Alam Fantasia ini adalah di Sumur batu, Kecamatan Babakan Madang, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, 16810.

Wisata Keluarga alam fantasia
Instagram/@hellondutsie

Jadwal destinasi ini buka setiap hari sabtu dan minggu saja mulai pukul 8.00 pagi sampai 17.00 sore. Jadi sobat dan keluarga bisa menghabiskan weekend disini ya.

Harga tiket masuk objek wisata Alam Fantasia ini 15.000 per orang. Biaya tiket tambahan tertera di beberapa wahana yang disediakan di dalam area wisata.

Fasilitas yang disediakan disini selain taman buatan yang cantik, juga disediakan toilet dan mushola untuk sobat yang berkunjung kesana. Anak-anak akan bermain disini dengan sensasi wisata alam tentunya sobat. Jangan bingung dengan permainan menarik agar anak betah disini. Ada area bermain yang disediakan untuk anak-anak. Hampir sama dengan permainan anak yang sering ditemui di pusat perbelanjaan, namun bedanya disini adalah bisa mendapat udara segar dan mata jadi fresh melihat yang sejuk-sejuk. Permainan yang bisa ditemui disini seperti bumper car, battery car, convoy car, slip car, gokart, fancy train, airplane, ferris wheel, aladdin, sky cycle dan juga trampolin.

Nomor telepon Alam Fantasia Sentul bisa sobat hubungi di nomor 021-87961579-80

4. Cibalung Happy Land


Jika sobat memilih objek wisata Cibalung Happy Land sebagai tujuan mengajak si kecil bermain menikmati alam yang sejuk dan menyenangkan. Maka sobat mendapat bonus ilmu untuk berkebun dan memerah sapi.

Cibalung happy land bogor
Instagram/@cibalung_happyland

Lokasi objek wisata Cibalung Happy land berada di Jalan Cihideung, kampung Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jika sobat bingung bisa menggunakan map sebagai petunjuk jalan.

Jam buka Happy Land ini mulai pukul 09.00-17.00 setiap hari senin- jumat. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu buka pukul 8.00-17.00 WIB.

Harga tiket masuk wisata ini 25.000 untuk weekday sedangkan untuk akhir pekan atau weekend tarif masuk wisata sebesar 30.000. 

Banyaknya fasilitas yang disedikan di Cibalung Happy Land bisa disesuaikan dengan aktivitas dan wahana apa saja yang pengunjung pilih.

Fasilitas yang ditawarkan Cibalung Happy Land ini beragam dan menarik untuk dicoba rasakan sensasinya. Sebagai lokasi wisata yang mengusung tema edukasi tentu ada fasilita yang mengajarkan sesuatu yang bermanfaat, seperti menangkap ikan, menanam padi dan stroberi, embajak sawah, memanen sayuran, memerah susu sapi, atau sekedar bermain dengan bebek disini pasti anak-anak akan betah berlama-la sambil menghafalkan nama-nama hewan.

Fasilitas Waterpark yang menarik disini, banyak pilihan wahana lainnya juga yang disediakan. Ada flying fox, mini ATV, Bungge trampoline, paintball, panahan.

Jika sobat tertarik untuk menjajal beberapa fasilitasnya juga ada beberapa piliha paket yang bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan.

Villa dan camp juga disediakan disini sobat. Harga sewanya bervariasi untuk villa, antara 1.900.000 rupiah sampai 2.500.000 rupiah sesuai fasilitas yang sobat dapat saat menginap. Atau sobat ingin lebih berbaur dengan alam bisa juga memilih fasilitas camp. Kisaran harga sewanya adalah 170.000 rupiah sampai 1.000.000 rupiah ya sobat. Jadi siapkan saja budget untuk kebutuhan liburannya disini.

Hubungi nomor 0251-821171 atau 021-77218051 jika sobat membutuhkan informasi lain.

5. Fishing Valley


Alamat lengkap objek wisata Fishing Valley Bogor ini adalah di Jalan Pemda-Karadenan Nomor 107, Pasir jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Mancing di fishing valley
Instagram/@revabundo

Harga tiket masuk destinasi Fishing Valley ini 25.000 untuk hari biasa (senin-jumat) sedangkan untuk akhirpekan (sabtu dan minggu) tarifnya 30.000 rupiah.

Jam oprasional tempat ini adalah pukul 8.00 sampai 21.00 setiap harinya. Sobat bakal puas bermain disini dengan kelurga, dari pagi sampai malam mancing ikan.

Fasilitas di Fishing Valley tentu sesuai namanya, tidak jauh-juh dengan aktivitas memancing dan air. Area luas disedikan untuk pengunjung memancing ria disini. Lebih asiknya lagi, hasil pancingan yang kita peroleh bisa dimasak dan disantap disini. Atau jika sobat mau membawanya pulang juga sangat bisa. Tinggal timbang berat ikan hasil tangkapan dan membayar sesuai harga ikannya. Sehingga pengunjung akan merasakan ikan hasil tangkapannya sendiri.

Untuk alat pancing sobat bisa membawanya dari rumah ya karena di tempat ini tidak disediakan penyewaannya. Namun bila sobat belum memilikinya maka sobat bisa membelinya disi dengan harga terjangkau.

Jika sobat ingin merasakan memancing dengan suasana yang lebih privasi maka sobat harus memilih kolam galatama yang bisa dipilih di Fishing valley ini. Kolam galatama ini cocok jika sobat ingin menggelar acara-acara seru-seruan, seperti lomba memancing bersama rkan kerja atau kelurga dekat.

Untuk yang bukan pecinta memancing maka sobat bisa bergeser sedikit untuk memilih wahana outbondnya. Seperti Flying fox, wall climbing, spider web, bola apung, jembatan goyang, sky bike, tali tarzan, dan burma bridge.

Wahana lain yang ramah untuk anak-anak adalah waterpark-nya fishing valley. Anak-anak bisa bermain air dengan puas disini. Wahananya menarik dan sangat seru. Kuliner sunda juga bisa sobat nikmati di restoran atas airnya. Sobat bisa lesehan menikmati hidangan di tengah lembah hijau.

Nomor telepon Fishing Valley Bogor yang bisa sobat hubungi adalah 0251-8662808 atau 8685722.

6. Kebun Wisata Pasirmukti


Satu lagi tempat wisata Bogor yang mengusung konsep Back to Nature. Tema hijau dan sehat sangat cocok untuk kita mengajak anak-anak bermain di luar.

Kebun wisata pasirmukti
Instagram/@kwpedumfarm

Lokasi kebun wisata pasirmukti ini berada di alamat jalan raya tajur pasirmukti KM. 4, citeureup, Bogor, Jawa Barat, 16810.

Harga tiket masuk (HTM) kebun wisata pasirmukti di bogor ini adalah 15.000 per orang. Dengan membayar karcis itu sobat sudah bisa mendapatkan welcome drink dan juga asuransi kecelakaan disini.

Untuk harga permainan yang ada disini berkisar antara 75.000 sampai 350.000 dengan minimum 10 orang dalam kelompok. Sobat bisa memilih paket sesuai kebutuhan dan yang cocok untuk sobat dan keluarga.

Fasilitas yang diberikan kebun wisata ini adanya peternakan hewan seperti sapi, ayam, bebek dan lain sebagainya. Fasilitas ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak dengan hewan ternak.

Untuk fasilitas yang menjadi primadona adalah memancing, menanam padi, buah dan sayuran, bisa juga sobat dan si kecil memandikan kerbau. Adanya area lumpur pasti diminati anak-anak yang aktif seperti menagkap belut, tarik tambang, atau lomba tinju dalam kolam lumpur. Jangan lupa sobat bawakan baju ganti untuk mereka yang asik bermain-main lumpur, lebih baik saat nyemplung dala kolam lumpur memakai baju yang jarang dipakai lagi, atau sudah tidak bagus lagi.

Hubungi nomor 021-87943864 atau 021-87943865 untuk reservasi atau informasi lebih lengkap.

7. Kebun Raya Bogor


Objek wisata satu ini pasti sudah sering didengar oleh masyarakat luar daerah. Karena konsepnya sebagai wisata yang memiliki keindahan sekaligus juga ada sisi historisnya.

Cerita tentang Kebun raya bogor
Instagram/@septianbdmn

Lokasi kebun raya bogor ini berada di tegah kota bogor, lebih lengkapnya berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, 16122.

Jam buka kebun raya ini mulai pukul 8.00 sampai 17.00 setiap harinya (senin-minggu). Sobat bisa memilih waktu pagi untuk berkunjung agar puas menikmati semua fasilitas yang ada disana.

Harga tiket masuk (HTM) kebun raya bogor 15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan 25.000 per orang untuk wisatawan asing. Biaya parkir unuk roda 2 sebesar 5000 rupiah. Jika sobat ingin berkeliling dengan sepeda maka sobat perlu membaya 5000 lagi. Atau ingin berkeliling dengan kendaraan roda 4 maka biayanya 30.000 rupiah.

Fasilitas yang diberikan oleh Kebun raya bogor ini adalah sobat bisa menikmati suasana kebun yang asri dan sejuk. Luasnya yang mncapai 87 hektar ini memiliki 15.000 spesies tumbuhan.

Selain bersantai dan bermain-main, sobat bisa memperkenalkan nilai sejarah di tempat ini. Tentang perjuangan Indonesia merdeka dan mempertahankan kemerdekaannya. Banyak peninggalan bersejarah yang memiliki cerita dan akan menarik bila sobat bisa sampaikan pada si kecil.

Disini juga ada laboratorium, penjual tanaman, juga penginapan, museum zoologi dan cafe.

Hubungi saja 021-5225641 jika sobat membutuhkan informasi lainnya.

8. Rumah Air Bogor


Alamat objek wisata ini berada di Jalan Boulevard CBD, Bogor Nirwana Residence, Nomor STA 000-0240, mulyaharja, Bogor selatan, Bogor, Jawa barat, 16135.

Wahana rumah air bogor
Instagram/@christyliona

Tiket masuk tidak bayar alias gratis, namun bila sobat ingin menikmati wahananya maka sobat perlu membayar tiket permainan sekitar 20.000 sampai 35.000. Jika si kecil ingin menjajal semua permainan maka sobat perlu menyiapkan budget agak banyak ya.

Jam buka rumah air bogor ini adalah pukul 10.00-22.00 untuk weekday dan untuk weekend jadwalnya pukul 10.00 sampai 23.00 WIB. Cukup puas untuk bermain-main disini sehari kan.

Fasilitas yang sobat bida dapet di tempat ini adalah wahana permainan, pemancingan dan restoran. Sesuia namanya, tempat ini pasti banyak berhubungan dengan air. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti untuk dipakai setelah selesai bermain air. Anak-anak bisa mnikmati permainan beranekaragam seperi istana balon, ATV, han boat, bumper boat, otopad, becak mini, sirkuit remote control, crazy ball dan battery car.

Untuk restorannya memiliki konsep tempat makan bergaya saung dengan menu khas sunda. Menu andalan tempat ini adalah sop ikan nila kelapa muda bakar dengan penyajiannya menggunakan batok kelapa yang dibakar.

Nomor telepon 0251-8200505 bisa sobat hubungi untuk informasi lengkapnya.

*** 

Bagaimana sobat? Bogor menyajikan banyak wisata alam yang bertema edukasi ya. Sangat cocok untuk berwisata keluarga dengan mengajak serta anak-anak untuk bermain dengan langsung praktik bertani dan berkebun. Ayo main di luar biar senang dan bahagia.

Posting Komentar untuk "8 Destinasi Wisata Keluarga Di Bogor yang Wajib Dipilih Supaya Pintar dan Bahagia"