Berburu Sunrise dari Rumah Pohon di Puncak Bukit Kenegerian Desa Batu Songgan

Foto Indahnya Objek Wisata Rumah Pohon di Kenegerian Desa Batu Sanggan

Hari kedua aku traveling di Desa Batu Sanggan, diisi dengan kegiatan mendaki ke salah satu perbukitan di kawasan hutan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling, untuk mendatangi Rumah Pohon yang didirikan di puncaknya oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau Kelompok Kerja (Pokja) desa Batu Sanggan. Pendakian tersebut dilaksanakan di pagi hari banget agar supaya ketika tiba di lokasi bisa menjadi saksi terbitnya sang mentari dari ufuk timur. Atau kalau dalam bahasa sederhananya melihat sunrise gitulah. Selain itu juga untuk menyaksikan suasana pagi kampung Batu Sanggan dari ketinggian yang katanya begitu cantik berselimut kabut di setiap pagi hari seperti itu.

Oh iya, biar nggak dikira ujug-ujug ngoceh serunya mendaki ke rumah pohon, sobat piknik bisa baca cerita perjalananku menuju ekowisata desa Batu Sanggan ini di tulisan sebelumnya. Di mana untuk mencapai desa ini, aku kudu naik Pighau atau sampan kayu bermesin selama sekitar sejam, ngelawan aliran sungai Subayang yang arusnya lumayan deras di beberapa titik. Dihibur dengan panorama hijau dan lebatnya hutan Bukit Barisan di kanan kiri jalur sungainya. Sensasinya kayak menyusuri sungai Amazon mengingat aku emang baru pertama kali plesiran model susur sungai begini. Seru! Jika mau membaca kisah lengkap beserta video dokumentasi perjalanannya, kamu bisa Klik di Sini!

Baiklah, lanjut ke cerita pendakian ke rumah pohon di hutan SM Bukit Rimbangbaling yang ada di desa adat Batu Sanggan. Jadi pagi-pagi banget, aku bareng Kurniawan Effendi, seorang pegiat wisata yang juga salah satu pengurus Kelompok Kerja (POKJA) Batu Bolah desa Batu Sanggan, bersiap untuk melakukan pendakian menuju rumah pohon. Persiapan yang kami persiapkan sebenarnya cuma kamera untuk dokumentasi, kopi serta makanan ringan untuk disantap di rumah pohon atas bukit nanti. Persiapan tersebut dilakukan di basecamp POKJA BATU BELAH, homestay tempat aku menginap selama ngetrip di Kenegerian Batu Songgan.

Untuk menuju ke rumah pohon, dari Camp POKJA BATU BELAH kami harus menyeberangi Sungai Subayang naik perahu terlebih dahulu. Pagi itu kami dijemput oleh Bang Kulin, pengemudi perahu mesin yang kemarin juga menjemput kami saat tiba di pelabuhan desa Gema. Kami naik sampan mengikuti arus sungai Subayang. Jaraknya juga tidak begitu jauh untuk sampai di titik awal pendakian. Sehingga Bang Kulin tidak menghidupkan mesin untuk menggerakkan sampannya. Kembali ke cara tradisional atau manual, yaitu menggunakan dayung!

Foto Sungai Subayang Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Riau

Pagi itu pagi yang basah karena malamnya habis diguyur hujan. Gara-gara hujan itu juga, sungai Subayang airnya tampak keruh. Tapi ini bisa menjadi hikmah tersendiri buat kamu pembaca setia blog Kebanyakan Piknik ini yang punya planning bertamasya ke objek pariwisata ini. Kamu sebaiknya memilih waktu berkunjung yang tepat, yaitu di musim kemarau atau hari-hari di mana jarang turun hujan. Agar kamu bisa menyaksikan beningnya sungai Subayang yang konon katanya saking jernihnya bisa melihat ikan-ikan yang berenang.

Kurang lebih 21 meter naik sampan mengikuti arus sungai Subayang, kami bertemu cabang sungai yang lebih kecil namun airnya lebih bening ketimbang sungai Subayang, namanya sungai Songgan. Sampan berbelok menyusuri cabang anak sungai tersebut. Dan sekitar 2,5 menit kemudian, akhirnya kami sampai di titik awal pendakian menuju rumah pohon.

Titik start pendakiannya di tepi Sungai Songgan yang suara gemericik alirannya sungguh menenangkan jiwa. Airnya juga cukup jernih padahal bercampur dengan air hujan semalam. Kalau musim kemarau, katanya bisa sangat bening bahkan berwarna hijau tosca saking beningnya. Aku sempat memvideokan merdunya riak arus sungai kecil tersebut, yang bisa teman-teman saksikan di saluran YouTube ZUCKICI CHANNEL.

Foto Mengarungi Sungai Subayang Kampar Kiri Hulu

Ketika sampan sudah bersandar di pinggir sungai Sanggan yang sedikit berpasir, aku dan Kurniawan segera memulai treking, sementara bang Kulin menunggu kami di perahu. Trek pendakiannya cukup menanjak. Jalan setapaknya juga mulai dipenuhi semak akibat sudah lama tidak didatangi wisatawan. Di kanan kiri jalur pendakiannya ada jurang yang curam. Harus ekstra hati-hati dan penuh konsentrasi. Sebab selain berjurang dan mulai bersemak, jalannya juga cukup licin akibat dibasahi hujan tadi malam. Ditambah lagi aku mendaki cuma beralasan sandal jepit swallow!

Setelah kira-kira 21 menit pendakian, kami akhirnya tiba di puncak bukit. Di sana ada bangku buat duduk-duduk nyantai. Juga ada rumah pohon yang merupakan salah satu destinasi menarik yang ditawarkan di desa wisata yang memiliki slogan Mo Ka Songgan (Yuk Ke Songgan) ini. Namun di sekitar bangku dan juga tangga untuk naik rumah pohonnya mulai banyak ditumbuhi belukar. Banyak dedaunan kering dan juga ranting-ranting kecil mengotori kedua sarana tersebut. Ya, semenjak wabah covid-19 merata ke seluruh wilayah Indonesia, objek wisata desa adat Batu Sanggan ini juga tutup sementara tidak menerima pengunjung seperti tempat-tempat wisata lainnya di tanah air.

Foto Pria Menjelajah Hutan Suaka Margasatwa Bukit Rimbangbaling

Malah menurut Kurniawan, akulah pengunjung pertama di rumah pohon ini semenjak pandemi Corona melanda dunia. Sebelumnya selama berbulan-bulan nggak pernah ada yang mendatangi tempat ini bahkan penduduk desa Batu Sanggan sendiri. Jadi wajar banget kalau kondisinya mulai bersemak dan seperti tidak terawat. Tapi kondisi itu sama sekali tidak menjadi persoalan buat aku. Justru menimbulkan suasana hutan yang lebih alami. Tidak bersih kayak hutan di taman-taman perkotaan.

Kemudian kami segera naik ke rumah pohon menggunakan undak-undakan kayu atau tangga yang telah disediakan. Dan dari panggung Rumah Pohon itulah pesona keindahan alam kenegerian Batu Songgan tampak nyata. Hampir satu jam kami duduk rileks di sana. Menyaksikan bukit-bukit tinggi nan hijau dan berselimut kabut mengelilingi desa. Terlihat juga sungai Subayang yang berkelok-kelok yang sesekali memperlihatkan perahu penduduk yang tengah melintas. Diiringi kicauan burung-burung hutan di sekitar kami dan suara sahut-sahutan primata di kejauhan. Sambil menikmati segelas kopi dan cemilan ringan.

Sungguh merupakan pagi yang begitu menyenangkan yang tidak setiap saat bisa aku rasakan. Lelahnya proses pendakian tadi langsung terbayar lunas! Sayangnya kami berangkat terlalu kesiangan, sehingga ketinggalan momen sunrise dari puncak bukit di seberang tempat kami berada.

Foto Panorama Sunrise Dari Rumah Pohon Desa Batu Songgan

Puas berada di rumah pohon desa Batu Songgan tersebut, kami pun bergegas turun bukit untuk kembali ke camp Pokja Batu Belah. Tapi tamasya belum berakhir, saudara-saudara. Nanti sehabis sarapan pagi di camp, kami akan kembali berpetualang ke destinasi berikutnya! Yaitu menjelajah ke salah satu hutan di kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling, menuju air terjun Sungai Kociek. Bagaimana serunya perjalanan jelajah hutan tersebut nanti akan aku ceritakan di artikel berikutnya.

Seperti itulah sepenggal kisah serunya mendaki salah satu bukit di Kenegerian Batu Songgan yang di puncaknya terdapat rumah pohon. Dari rumah pohon tersebut, traveler bisa melihat view matahari terbit, sungai Subayang yang meliuk membentuk huruf U, dan juga kampung Batu Sanggan yang di pagi hari berselimutkan halimun.

Dan berikut ini rekaman video pendakianku menuju rumah pohon di desa wisata Batu Sanggan:



Terakhir apabila menurut kamu informasi ini menarik, kamu boleh banget membagikannya via jejaring sosial mulai Facebook, Twitter, Pinterest, hingga WhatsApp, yang masing-masing tombol share-nya sudah disediakan di bawah artikel ini. Terima kasih and...

Happy Traveling!

Berwisata ke Desa Batu Sanggan, Daerah Terpencil Tanpa Sinyal di Kampar Kiri Hulu, Riau

Foto Indahnya Desa Batu Sanggan Dari Rumah Pohon Berkabut di Pagi Hari

Keindahan dan tenangnya Kenegerian atau desa Batu Songgan, sangat cocok buat kamu yang pengen piknik sekaligus mencari ketenangan dan mungkin mencari inspirasi untuk karya-karya terbaik kamu. Gimana enggak, lokasi desa ini cukup terpencil, di tepian sungai besar berarus deras bernama Sungai Subayang, serta diapit bukit-bukit barisan di kawasan hutan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling. Sehingga menghasilkan suasana yang begitu hening. Hanya ada suara-suara binatang hutan, dan sesekali deru mesin perahu sampan. Jauh dari hiruk pikuk keramaian dan desas desus bisik-bisik perghibahan. Hasek!

Udah gitu di sana juga nggak ada sinyal sama sekali. Baik sinyal sekedar buat SMS, apalagi jaringan buat internetan main Tik Tok ataupun nge-game online. Nggak bakalan konek, Wak. Listrik juga cuma menyala di malam hari saja. Pokoknya benar-benar mantap! Kamu bisa fokus dan larut menikmati sunyi nan indah desa Batu Sanggan, tanpa terganggu panggilan masuk maupun notifikasi sosial media.

Secara geografis, Desa Batu Sanggan terletak di Kekhalifahan Batu Songgan, kecamatan Kampar Kiri Hulu, kabupaten Kampar, provinsi Riau. Untuk mencapai desa ini, kamu musti naik perahu motor melawan arus Sungai Subayang dalam tempo kurang lebih satu jam.

Start dari pelabuhan di desa Gema, yang merupakan desa terakhir yang bisa ditempuh kendaraan darat, untuk selanjutnya harus naik sampan bermesin atau Pighau kalau bahasa daerah setempat menamainya. Harus! Soalnya cuma itu satu-satunya sarana transportasi yang mendukung di sana. Mau naik pesawat terbang jelas belum ada bandaranya. Naik jet apalagi. Dan sungai Subayang itu juga merupakan jalur transportasi semata wayang masyarakat di sana. Karena hingga aku menulis artikel ini, baik jalan darat maupun jalur udaranya memang belum tersedia.

Di desa Batu Sanggan ini, ada sebuah destinasi unik bernama Batu Bolah. Berupa sebuah batu besar di pinggir sungai Subayang, yang terbelah rapi menjadi beberapa bagian. Belahannya tuh bener-bener rapi banget kayak daging diiris. Arti Batu Bolah sendiri memang batu yang terbelah. Bolah merupakan bahasa Melayu wilayah Kampar, yang artinya belah. Nah, keunikan batu tersebut lah, yang membuat jiwa travelingku merasa terpanggil untuk mengunjungi desa Batu Sanggan.

Foto uniknya Batu Bolah kenegerian Desa Batu Songgan Kampar Kiri Hulu

Dua hari satu malam aku berada di desa Batu Sanggan. Menikmati hal-hal menarik dan panorama indah yang ada di desa pedalaman tersebut. Selama di sana aku menginap di camp Kelompok Kerja (Pokja) Batu Belah. Dan asal kalian tau aja, bukan hanya Batu Bolah keindahan ekowisata yang bisa disaksikan di sana. Ada rumah pohon di puncak bukit, yang mana dari sana turis bisa menyaksikan sunrise atau terbitnya sang mentari, melihat lalu lintas pagi Pighau di Sungai Subayang, mendengar merdunya kicauan burung-burung rimba, dan juga menyaksikan kampung Batu Sanggan di pagi hari seperti itu berselimut halimun. Tentunya sambil menyesap kopi dan menghisap rokok Pintu Gerbang. Sungguh asyik tiada tara!

Kemudian ada wisata air terjun sungai kociak, tubing naik ban, menyusuri Subayang river, tour keliling kampung berinteraksi dengan warga lokal yang ramah-ramah, mancing mania mantap, nembak ikan, camping, api unggun, dan juga makan bareng di pulau. Garansi puas dan gak pengen pulang deh kalau tamasya ke sana.

Foto indahnya Air Terjun Sungai Kociak di hutan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling

Dan berhubung selama di sana ada beberapa aktivitas wisata, serta menyambangi beberapa lokasi, untuk setiap kegiatan dan masing-masing destinasi akan aku ceritakan di artikel-artikel berikutnya. Setuju, ya? Oke! Ditunggu saja.

Cara Menuju Desa Wisata Batu Songgan

Apabila kamu berencana liburan ke desa Batu Sanggan, biar kegiatan travelingmu lebih maksimal, sebaiknya kamu menghubungi dulu POKJA BATU BELAH, sebagai pihak yang mengelola kepariwisataan di sana. Ini krusial banget. Sebab, berwisata ke Desa Batu Songgan itu berbeda dengan piknik ke destinasi-destinasi wisata kebanyakan, yang bisa langsung menuju lokasi, beli tiket masuk, kemudian tinggal menikmati keindahan yang ditawarkan.

Ke desa Batu Sanggan, nggak ada angkutan umum, tidak ada jalan darat, gak ada sinyal hape, di sana juga tidak ada restoran apalagi hotel. Jadi silahkan dibayangkan bagaimana jadinya jika kamu nekad ke sana sendirian tanpa koordinasi terlebih dahulu dengan warga setempat. Kamu mungkin tetap bisa ke sana tapi dapat dipastikan liburanmu gak akan maksimal. Paling hanya mengunjungi Batu Belah-nya saja diantar oleh perahu motor dari orang luar POKJA, yang kemungkinan besar kamu bakal dikenakan tarif yang lebih mahal. Sementara kalau melalui POKJA, kamu bisa puas mendatangi semua destinasi yang ada di sana ditemani oleh guide lokal, dengan harga yang jauh lebih ekonomis.

Cara menuju desa Batu Songgan jika kamu dari kota Pekanbaru, yaitu lewat jalan lintas Pekanbaru - Taluk Kuantan. Melewati daerah Teratak Buluh, Pantai Raja, Sungai Pagar, Simalinyang, Kebun Durian dan Lipat Kain. Hapal banget. Maklum mantan sopir mobil tanki CPO.

Nah sesampainya di Desa Lipatkain Selatan tepatnya di daerah Rakit Gadang, kamu belok kanan ke arah Desa Gema. Nanti kurang lebih satu kilo setelah berbelok ke kanan tadi, kamu bakal berjumpa jalan bercabang dua. Silahkan ambil yang kiri karena tujuanmu ke desa Batu Sanggan. Karena kalau yang kanan itu ke arah objek wisata Air Terjun Batang Kapas dan juga Air Terjun Batu Tilam.

Ikuti terus aja jalan yang sebelah kiri tadi hingga mentok ke pelabuhan desa Gema. Kalau bingung boleh nanya penduduk, atau cek Google Map kalau kamu ada pulsa. Gak usah khawatir. Hingga ke desa Gema sinyal telepon seluler masih sangat memadai.

Foto Pelabuhan Sampan di Desa Gema Kampar Kiri Hulu

Dan sesampainya di dermaga desa Gema, kamu akan disambut dan dijemput oleh anggota POKJA BATU BELAH. Kendaraan kamu akan dititipkan di penitipan motor atau mobil di desa Gema tersebut, kemudian kamu akan diajak menaiki perahu motor menuju desa Batu Songgan.

Itulah pentingnya berkoordinasi atau merencanakan perjalanan ke Desa Batu Songgan dengan menghubungi POKJA terlebih dahulu. Karena jika tidak, siapa yang akan menjemput kamu di pelabuhan Gema dan mengantar kamu hingga ke desa Batu Sanggan? Siapa yang akan menjamin tempat bermalam dan juga makan? Siapa yang akan menjadi pemandu ketika kamu mengunjungi destinasi-destinasi yang ada di sana? Iya, kan? Udah, iya aja!

Jadi, apabila kamu punya rencana ngetrip ke desa Batu Songgan, sangat disarankan mengontak POKDARWIS Batu Songgan ataupun POKJA BATU BELAH lebih dulu. Salah satu pengurus POKJA yang bisa kamu hubungi adalah Kurniawan Effendi, pegiat wisata asal desa Batu Sanggan. Nomor kontaknya 0822 8747 3042. Kamu bisa menghubungi blio via telepon maupun WhatsApp di nomor tersebut.

Di desa Batu Songgan memang tidak ada sinyal, namun Kurniawan ini stand by di Lipatkain tidak jauh dari rumah aku. Jadi kapan saja kamu bisa menghubungi dia untuk merencanakan perjalanan kamu ke Desa Batu Songgan.

Aku sendiri waktu berkunjung ke desa Batu Sanggan juga bersama Kurniawan Effendi ini. Sekitar jam sebelasan kami start riding santai naik motor dari Lipat Kain, dan tiba di pelabuhan desa Gema kekira pertengahan hari. Dari situ perjalanan berlanjut naik sampan menuju desa Batu Sanggan dalam durasi kurang lebih sejam.

Foto Naik Pighau sampan mesin di Sungai Subayang Kampar Kiri Hulu

Perjalanan sungai ini aja udah terasa seru banget buat aku yang memang baru pertama kali naik sampan kayu dalam jarak yang lumayan jauh. Sering berpapasan dengan perahu-perahu motor lain. Di kanan kiri Subayang River, disuguhi pemandangan alam hijaunya hutan Bukit Barisan di Taman Nasional Bukit Rimbang Baling. Banyak monyet-monyet liar menampakkan diri di pepohonan memandang ke arahku seakan aku ini teman lama yang sudah lama tak bersua. Kami juga sempat singgah di sebuah pulau untuk makan siang bersama. Pokoknya hepi banget. Asli!

Dan berikut ini video rekaman serunya perjalananku menuju ke Kenegerian Batu Songgan yang aku tayangkan di saluran YouTube aku ZUCKICI CHANNEL. Mulai dari perjalanan darat touring pakai sepeda motor dari desa Lipatkain, Teluk Paman, Kuntu, Padang Sawah dan desa Gema. Kemudian diteruskan dengan perjalanan mengarungi Sungai Subayang melewati desa Muara Bio, hingga akhirnya berlabuh di desa Batu Sanggan. Silahkan ditonton jika punya data internet.


Biaya Berwisata ke Kenegerian Batu Songgan

Berapa biaya yang diperlukan untuk ngetrip mengunjungi desa Batu Sanggan, melihat objek wisata Batu Belah serta tempat-tempat kece lainnya yang ada di sana? Gak perlu kuatir teman-teman. Tarifnya sangat murah. Cuma Rp 350.000 per orang, tapi minimal harus empat orang. Jadi kalau pengen bertamasya ke sana, kamu musti cari barengan. Kamu bisa mengajak saudara, tetangga, teman kerja, teman dekat, teman masa kecil, teman tapi mesra, teman pas lagi senang, dan siapa saja. Yang penting selama di sana kamu harus berlaku sopan. Jaga ucapan. Jangan buang sampah dan buang angin sembarangan.

Eh tapi jangan banyak-banyak juga! Pasalnya pengunjung dibatasi maksimal 20 orang per sekali kunjungan. Jadi jangan satu kampung kamu aja trip ke sana semua. Selain itu, tempat wisata desa Batu Sanggan ini juga gak setiap hari buka. Hanya menerima kunjungan wisatawan di akhir pekan Sabtu dan Minggu saja. Dibatasinya jumlah pengunjung dan hari buka kunjungan ini ialah untuk menjaga kelestarian kawasan Bukit Rimbang Baling, serta agar tidak mengganggu aktivitas dan ketenangan penduduk desa Batu Songgan ini. Keren banget kan konsepnya?

Kenapa harga 350k per jiwa itu aku katakan sangat murah? Karena, dengan tarif segitu kamu bisa puas berkunjung ke desa Batu Sanggan selama dua hari satu malam. Menyambangi semua destinasi yang ada di sana. 350 ribu itu juga sudah termasuk biaya makan, menginap, penitipan kendaraan di desa Gema, dan juga transportasi pulang pergi naik sampan. Makan disediakan oleh pemuda pemudi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Batu Sanggan. Bahkan pas di sana aku juga diajak mampir ke salah satu rumah warga dan diajak makan di sana.

Foto rumah panggung Camp POKJA BATU BOLAH Desa Batu Sanggan

Homestay juga sudah ada. Kamu bisa tidur di camp POKJA Batu Belah berupa rumah panggung, atau kalau ingin bobo di luar kamu bisa mendirikan tenda berkemah di area camping ground yang telah disediakan. Perlengkapan camping seperti tenda dan juga sleeping bag sudah tersedia di sana. Fasilitas kamar mandi dan toiletnya juga bersih. Intinya, saat kamu ingin jalan-jalan ke Desa Batu songgan, kamu cukup membawa peralatan pribadi saja. Urusan makan, ngopi, snack, pelampung buat berenang, alat pancing, ban untuk tubing, tempat tidur dan perlengkapan camping sudah disediakan.


Seperti itulah profil ekowisata Desa atau Kenegerian Batu Sanggan, salah satu pesona Riau yang berada di sebuah desa terpencil di kawasan SM Bukit Rimbang Baling, kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi desa tersebut kan? Yuk segera agendakan perjalanan kamu dengan menghubungi POKJA BATU BOLAH di nomor telepon atau WA yang telah aku tulis di atas. Jangan lupa juga share tulisan ini lewat tombol media sosial Facebook, Twitter dan WhatsApp yang ada di akhir artikel ini. Agar pariwisata tanah air terutama di daerah Kampar Kiri Hulu ini semakin dikenal luas.

Happy traveling!

5 Rekomendasi Hotel Murah Ini Pas Untuk Liburan Keluarga Di Semarang

Kota Semarang yang berada di Jawa Tengah merupakan kota besar yang memiliki destinasi wisata menarik. Seperti lawang sewu, Sam Pho khong, dan juga Cimory yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga tersayang. Sehingga di tempat ini juga banyak tersedia penginapan yang dapat menampung anggota keluarga Tentunya dengan berbagai fasilitas dan harga. Jika anda membutuhkan rekomendasi Hotel Murah Untuk Keluarga di Semarang, Maka dalam artikel ini beberapa rekomendasinya telah saya berikan. 

rekomendasi hotel semarang

Karena perjalanan bersama keluarga bukan diukur dengan glamor atau banyaknya anggaran yang dikeluarkan. Namun kebersamaan dalam menciptakan momen bersama adalah alasannya. Jadi bila bisa mengeluarkan budget yang sedikit tentu akan lebih pas karena kebutuhan lain bisa lebih banyak dipenuhi. Jadi bila anda mencari penginapan murah di Semarang berikut rekomendasinya. 

1. Homy Inn Semarang 


Rekomendasi yang pertama adalah Homy Inn Semarang yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso NO.7, Peterongan, Semarang Selatan. Penginapan ini dekat dengan destinasi Universitas Diponegoro, Simpang Lima, Simpang Lima Plaza, dan Java Supermall. Fasilitas yang bisa anda dapatkan bila menginap disini adalah ruangan dengan AC, Parkir, WIFI dan juga terdapat restoran. 

2. Louis Kienne Hotel Pandanaran 


Hotel ini beralamat di Jalan pandaranan No.18 Kota Semarang. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan kawasan Simpang Lima dengan fasilitas yang keren, sangat cocok untuk menginap dengan keluarga. Layanan pada tiap kamarnya tersedia WIFI gratis, TV layar datar dengan saluran lokal sampai internasional. Fasilitas lain yang ditawarkan hotel ini adalah ruang membaca yang ada di Lobby, tempat fitness dan gym, dan juga kolam renang yang ada di atap dengan pemandangan Kota Semarang yang sangat indah dilihat dari sana. Anda bisa menghubungi Hotel Pandanaran melalui telepon dengan nomor (024) 86453888. 

3. Louis Kienne Hotel Simpang Lima 


Masih dengan Hotel Louis Kienne, namun di Lokasi yang berbeda. Untuk Hotel ini beralamat di Jalan Ahmad Yani No.137, Kota Semarang. Lokasinya tepat di Pusat Kota Semarang, Hotel ini juga menawarkan Kolam renang atap yang menyajikan pemandangan Landscape Kota Semarang dari gedung berlantai 23. Fasiliats kolam renang ini hanya bisa dinikmati oleh tamu hotel, jadi pengunjung yang tidak meninap tidak diperkenankan berenang disini tapi boleh masuk dan berselfie di lokasi ini dengan membayar tariff 30.000 rupiah. Langsung saja reservasi di nomor (024) 8319888 

4. Hotel Kartika Bandungan 


Rekomendasi selanjutnya adalah Hotel Kartika Bandungan yang beralamat di Jalan Bandungan-Lemah Abang KM.3, Sidomukti, Bandungan, Semarang. Bila anda menginap disini akan mendapat fasilitas parker kendaraan, restoran, wifi, TV layar datar dengan kamar ber AC yang nyaman tentunya. Lokasi Holet ini dekat dengan destinasi Umbul Sidomukti, Candi Gedong Songo, Gunung Ungaran dan Eling Bening. 

5. Wimarion Hotel Semarang 


Alamat Hotel Wimarion ini berada di Jalan Wilis No.2a, Kota Semarang. Kontak yang bisa dihubungi yaitu (024) 86010099. Hotel ini menawarkan banyak pilihan kamar dengan fasilitas bervariasi sesuai dengan harga. Jadi anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan selama menginap di Hotel ini dengan nyaman. 

Hotel Wimarion Semarang ini menawarkan layanan yang berkelas dan menyuguhkan akomodasi berkualitas yang ada di Kota Semarang ini. Kamar luas untuk menampung seluruh anggota keluarga yang anda ajak menginap dengan tempat tidur empuk dan nyaman. Dan pemandangan di Luar jendela kamar bisa anda nikmati saat menginap di Hotel ini. Staycation bersama keluarga bisa anda lakukan disini yang menawarkan fasilitas kolam renang bergaya infinity dan Sky lounge yang sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. 

Itulah tadi beberapa rekomendasi Hotel Murah Untuk Keluarga Di Semarang yang bisa jadi pertimbangan anda untuk menentukan tempat menginap bersama keluarga. Karena Kota Semarang merupakan Kota metropolitas terbesar kelima jadi untuk menemukan lokasi menginap tidaklah sulit. Jadi walaupun anda tidak sedang menyiapkan bepergian ke Kota ini namun hanya melintasi Kota ini dalam perjalanan dan mengharuskan untuk berhenti juga tidak akan kesusahan. Banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan anda bisa berhasil mendapat kegiatan menginap bersama keluarga dengan nyaman. 

Daftar Hotel Murah Untuk Menginap Bersama Keluarga di Bandung

Foto Rekomendasi Hotel murah dan mewah di kota Bandung Jawa Barat

Menghabiskan waktu libur bersama keluarga di Bandung akan menjadi momen istimewa. Karena di Bandung banyak rekomendasi destinasi wisata yang cocok untuk berlibur bersama anggota keluarga tercinta. Karena banyak destinasi wisata sudah pasti tempat penginapan banyak tersebar di penjuru kota. Daftar Hotel Murah untuk Keluarga di Bandung pun tak jarang jadi pencarian sebelum melakukan bepergian. 

Karena Hotel yang ada di Kota ini memiliki fasilitas berbeda dengan harga yang berbanding lurus. Sehingga kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita ingin liburan yang menyenangkan tapi tidak banyak menghabiskan tabungan. Maka pilih Hotel yang murah dengan fasilitas yang mendukung untuk menginap bersama keluarga. Berikut ini beberapa rekomendasi dari kami. 

1. HOTEL BENUA 


Hotel Benua ini berlokasi di Jalan Pelajar Pejuang 45 No 11, Bandung. Walaupun lokasinya berdekatan dengan pusat perbelanjaan, tapi Hotel ini tidak mematok harga yang mahal. Letaknya yang strategis cukup ramah di kantong untuk para pelancong yang ingin singgah. 

Kenapa strategis? Alasanya adalah Hotel ini dekat dengan Bandung Super Mall sebagai pusat perbelanjaan. Selain itu juga berdekatan dengan Malabar dan Kepatihan, jika anda suka berwisata kuliner. Jadi jika anda sekeluarga sama-sama memiliki hobi berisi data kuliner, maka tempat yang cocok dijadikan pilihan untuk anda menginap adalah Hotel Benua ini. 

2. HOTEL GRAHA SANTIKA 


Hotel Graha Santika beralamat di Jalan Pelajar Pejuang 45 No 42, Bandung. Lokasinya dekat dengan Trans Studio Bandung dengan akses yang mudah jika anda menginap disini. Lengkap dengan Trans Studio Mall yang bisa anda jadikan tempat berbelanja bersama keluarga. Jika kamu ingin berbelanja ke tempat lain pun aksesnya masih mudah dan tidak jauh. 

Hotel ini juga terkenal karena menjadi primadona bagi pelancong backpacker. Nah, untuk anda yang memiliki rencana backpacker bersama keluarga Hotel ini menjadi rekomendasi yang harus sangat dipertimbangkan. Kapan lagi anda bisa merasakan menginap di Hotel yang nyaman tapi tetap murah dan sangat terjangkau. 

3. VERONA PALACE BOUTIQUE HOTEL BANDUNG 


Rekomendasi hotel murah di Bandung selanjutnya adalah Verona Palace Hotel Bandung. Hotel ini terletak di Jl. Surya Sumantri Bandung. Posisinya dekat dengan gerbang Tol Pasteur. Merupakan gerbang utama untuk keluar masuk pengunjung yang datang dan meninggalkan kota Bandung. 

Hotel ini menyediakan 45 kamar modern dengan 4 jenis yang berbeda yaitu Superior, Deluxe, Executive, Suite Keluarga. Nah, ada pilihan yang pas untuk keluarga tercinta beristirahat disini kan. Ada fasilitas lain yang melengkapi tempat ini seperti ruang pertemuan dan ballroom yang berada di atap yang menawarkan pemandangan menawan. 

Fasilitas yang lengkap dan letak strategis ini adalah modal utama Verona Palace Hotel Bandung menjadi salah satu hotel yang direkomendasikan untuk anda menginap di Bandung. Tentunya bersama dengan anggota keluarga tercinta. 

4. GRAND CORDELA HOTEL BANDUNG 


Hotel Grand Cordela beralamat di Jl. Soekarno Hatta No.791B, Babakan Penghulu, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat. Kemudahan yang ditawarkan adalah akomodasi yang dekat dengan destinasi lain di kota Bandung. Fasilitas yang nyaman dan tentu saja pelayanan yang ramah. 

Hotel Grand Cordela memiliki 143 kamar pintar yang bisa diisi oleh 2 orang dewasa dan 1 anak-anak, tanpa ranjang ekstra. Fasilitas yang ada pada setiap kamar yaitu sudah dilengkapi dengan Wi-Fi gratis berkecepatan tinggi, ada fasilitas pembuat kopi dan teh, meja kerja, TV LCD dengan saluran kabel, AC yang dikendalikan mandiri karena remot ada di setiap kamar, colokan listrik. Kamar mandi yang memiliki fasilitas lumayan lengkap dengan pancuran air yang bisa distel dengan pilihan panas atau dingin. Mendapat perlengkapan mandi juga, serta handuk, dan sandal untuk tiap pengunjung yang menginap. 

Itulah beberapa rekomendasi Hotel murah untuk Keluarga yang ada di Kota Bandung. Sekian ulasan dari saya, semoga bermanfaat dan bisa membantu menentukan tempat menginap anda sehingga liburan jadi menyenangkan. Tapi tentu saja tidak membuat tabungan terkuras karena pilihan penginapan yang murah.

Rekomendasi Hotel di Jakarta dengan Harga Murah yang Cocok Untuk Keluarga

Ibukota yang terkenal sebagai kota yang sibuk mengharuskan para penghuninya banyak menghabiskan waktu untuk bekerja. Kadang kala waktu bersama keluarga tersita karena harus menyelesaikan pekerjaan yang seperti tak ada habisnya. Nah, jika seperti itu kita harus pintar mensiasati waktu. Bagaimanapun, keluarga adalah prioritas yang harus diutamakan bukan? Curilah waktu untuk dihabiskan hanya dengan keluarga disela-sela kesibukkan.

Rekomendasi Hotel
Rekomendasi Hotel

Pergi berlibur dan menginap beberapa hari bersama mereka yang kita cintai. Sekaligus untuk mengisi ulang semangat bekerja setelahnya. Seperti yang kita tahu bahwa Kota Jakarta merupakan pusat bisnis. Jika sobat ingin berkunjung ke Kota Bandung bisa melihat rekomendasi hotelnya juga disini. Sehingga banyak tempat menginap yang tersedia disetiap daerahnya. Jadi banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi jika hanya ingin mengadakan acara menginap bersama dan budget minim pilih saja tempat yang sederhana. Tidak perlu ke tempat mewah, pilihlah tempat yang murah tapi nyaman. Berikut beberapa Rekomendasi Hotel Murah untuk Keluarga di Jakarta.

Hotel Borobudur Jakarta

Rekomendasi yang pertama adalah Hotel Borobudur Jakarta yang beralamat di Jl. Lapangan Banteng Selatan No.1, PO Box 1329 Monas, Jakarta. Letaknya ideal dekat area wisata utama Monas. Fasilitas yang ada di Hotel ini juga sangat mendukung aktivitas bersama keluarga. Kamar yang nyaman yang dilengkapi dengan televisi layar datar, jaringan internet-WIFI, lapangan bulu tangkis, hot tub, kolam renang luar ruangan dan lain sebagainya. 

Harganya juga tidak menguras kantong, jadi setelah kamu bersantai menginap disini tabungan tidak akan banyak berkurang. Hotel ini juga dikenal dengan keramahan pelayanannya yang hangat dan dilengkapi dengan suasana yang indah sehingga kunjungan kamu disini akan berkesan dan tidak terlupakan. 

Tendean Residence


Hotel terletak di Jalan Kapten Tendean 127 Mampang, Jakarta. Sangat cocok untuk dijadikan tempat menginap bersama keluarga. Tendean Residence mengutamakan kenyamanan tamu yang menginap disini dengan memberikan fasilitas-fasilitas terbaik dengan harga yang relatif murah. Seperti layanan kamar 24 jam, WIFI gratis, dan disediakan juga ruang keluarga. 

Fasilitas lain seperti pusat kebugaran, taman yang ada sebelum masuk ke kamar. Tendean Residence adalah pilihan yang sangat baik untuk menjelajahi Jakarta atau untuk sekadar bersantai dan menyegarkan diri disela-sela kesibukkan harian kamu bersama keluarga tercinta. 

Beberapa pilihan tipe kamar bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk menginap dengan keluarga maka kamu membutuhkan kamar yang luas dengan tempat tidur yang sesuai untuk seluruh anggota keluarga. 

Green Bamboo Residence


Bisa dibilang Green Bamboo Residence ini adalah penginapan berkelas hotel bintang 2. Memiliki 99 kamar yang menawarkan pusat kebugaran dan taman untuk bersantai. 

Jika kamu menginap disini dan ingin menikmati makanan atau sekedar minum-minum terdapat restoran dan kedai kopi diarea hotel. Penginapan ini sangat strategis dengan lokasi yang hanya berjarak 580 m dengan Mall Ambasador dan 590 m dengan Lotte Shopping Avenue. Tepatnya berada di Jln. Anggrek 4 No. 47, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Green Bamboo Residence pilihan bagus untuk menginap di daerah Kuningan dengan tarif murah dan pelayanan memuaskan. Mengajak keluarga menginap disini tentu akan sangat pas 

POP! Hotel Kemang Jakarta


Pop! Hotel Kemang menjadi salah satu Hotel Modern yang Terjangkau di Kemang, Jakarta Selatan saat ini. Fasilitas yang cocok untuk mengajak keluarga menghabiskan waktu bersama. 

Berada di daerah Kemang yang cukup bergengsi, karena POP! Hotel Kemang berjarak hanya 15 menit dari sentra bisnis di Kemang. Akomodasi disekitar POP! Hotel Kemang ini sangat cocok digunakan sebagai tempat tujuan bisnis ataupun liburan keluarga. Pelayanannya tentu saja ramah dan menciptakan suasana nyaman. 

Untuk menuju tempat-tempat lain yang terkenal di sekitar daerah Jakarta Selatan juga dekat. Seperti Aksara hanya berjarak sekitar 9 menit, sedangkan menuju Lippo Mall Kemang Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Untuk berjalan-jalan kaki santai juga bisa di Jalan Kemang Raya. Jika kamu ingin mencari makan di sekitar Hotel juga mudah, tersedia berbagai macam tempat penjual makanan seperti Kem Chicks, Sate Khas Senayan, dan Foodism yang berjarak sekitar 2 – 3 menit berjalan kaki. akses dari Stasiun Gambir dan Bandara Internasional Soekarno Hatta relatif dekat, dengan berkendara sekitar 45–55 menit. 

Itu dia beberapa Rekomendasi Hotel untuk Keluarga yang ada di Jakarta. Semoga sesuai dengan yang kamu harapkan. Dan tentu saja menjadikan liburanmu lebih nyaman.

Taman Merdeka Metro di Lampung, Spot Nyaman Untuk Cuci Mata

Taman merdeka metro lampung jadi salah satu tempat wajib dikunjungi jika bertandang ke salah satu kotamadya di Lampung ini. Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Metro ini sangat cocok untuk duduk sambil ngobrol dengan keluarga tercinta.


Taman Merdeka Metro Lampung
Taman Merdeka Metro Lampung 

Taman metro ini beralamat di Jl. AH Nasution, Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung 34111. Di taman ini memang hanya diperuntukkan pengunjung agar bisa bersantai atau mencari ketenangan. Walaupun letaknya di pusat kota dengan banyak lalu lalang kendaraan, namun saat berada disini seperti tidak terganggu dengan keadaan sekitar, nyaman-nyaman saja. 

Tepat di sebelah barat taman terdapat bangunan Masjid Taqwa yang merupakan masjid terbesar di kota ini. Jadi jika lama berada di taman ini, sobat bisa selalu tepat waktu melaksanakan panggilan wajib.

Alun-alun kota, taman merdeka metro ini bisa disebut seperti itu karena peran dan cirinya mencerminkan taman ini demikian. Dekat dengan masjid dan bisa digunakan sebagai lokasi dengan banyak kegiatan.

Taman yang menjadi landmarks kota metro ini letaknya sangat strategis. Berada di tengah-tengah kota dengan sekelilingnya merupakan jalan protokol kota Metro. Jadi untuk berbagai tujuan akan melewati taman apik ini.

Tata taman disini juga terlihat sangat serius. Taman ini tentu menghadirkan suasana segar dengan banyak pepohonan dan tanaman yang tumbuh subur lainnya. Area tanaman diberi pembatas pagar besi menghindari rusaknya tanaman oleh pengunjung yang datang. Jadi area tanaman sudah tersedia, begitu juga dengan trek pengunjungnya. Sudah disediakan tempat untuk mengitari taman merdeka metro ini.

Sebagai tempat yang digadang-gadang sebagai paru-paru kota, tentu kebersihan sangat diperhatikan. Pengelolaan tidak lepas dari pemeliharaan kebersihan tempat. Pada jam tertentu akan sobat temui petugas kebersihan yang rutin membersihkan area taman dari sampah pengunjung atau daun kering. Selain itu juga disediakan tempat sampah diberbagai tempat di taman ini. Jadi sebenarnya, alasan untuk membuang sampah sembarangan disini sudah tidak ada lagi.

Keamanan tidak lepas menjadi hal penting untuk diberikan pada pengunjung taman ini. Pos satpol pp dengan beberapa petugasnya yang selalu bergantian berjaga dapat memastikan keamanan sobat saat santai disini. Kendaraan pribadi yang dibawa berkunjung juga disediakan tempat parkirnya dengan petugas parkir yang setia berjaga.

Penataan taman metro ini sangat modern, tidak membosankan. Tampilan kekinian yang sangat pantas menjadi latar foto tampak dibeberapa sudut. Tulisan-tulisan warna cerah atau bentuk-bentuk patung dan pernak pernik lainnya. Bahkan dipinggiran taman ada juga spot foto yang sering pas untuk mendapatkan foto yang bagus, karena sekeliling taman ini dipagari tiang-tiang lampu dengan tulisan asmaul husna. Jadi untuk pecinta 'upload media sosial' bakal senang mengeksplor tempat ini. 

Taman yang ditandai dengan tugu bola yang berada persis di tengah-tengahnya ini diperuntukkan sebagai rumah bersama siapapun yang berkunjung. Jadi siapapun yang datang bisa melakukan kegiatannya disini, asal positif dan tidak mengganggu.

Pengunjung yang ingin berolahraga, disini bisa jadi pilihan tempat yang pas. Sobat bisa joging pagi atau sore dengan pemandangan taman yang segar. Apalagi diminggu pagi, lokasi ini dijadikan area car free day, jadi kegiatan berolahraga banyak dilakukan warga disana.

Bangku-bangku taman banyak disediakan  di taman ini. Jadi jika berkunjung untuk sekedar duduk santai sambil mengobrol juga sangat nyaman. Walaupun hanya duduk sendiri pun, di tempat ini masih tetap asik-asik saja. Kalau sendiri kan sobat jadi bisa puas cuci matanya. :D

Menuju taman ini tidaklah sulit. Mengingat taman ini berada di Kota dengan luas 68,74 km2 atau 6.874 ha yang masih terhitung sebuah kota kecil. Dan taman merdeka ini berada di pusat kota sehingga mudah dijangkau.

Akses transportasi sangat mendukung. Paling mudah kamu bisa menggunakan jasa ojek online (ojol). Sudah tersedia pilihan Gojek atau Grab di Kota Metro ini. Jika ingin mencoba naik angkot juga tersedia untuk beberapa rute wilayah Metro. Sobat tinggal memastikan angkot yang dinaiki melintasi taman metro dengan bertanya pada pak sopirnya. 

Tempat strategisnya ditandai dengan mudahnya menjangkau tempat-tempat penting lainnya. Seperti tempat beribadah (masjid), tempat makan, pusat perbelanjaan (Chandra) dan juga Rumah sakit umum Ahmad Dahlan.

Datang kesini sobat tidak perlu mencari-cari loket pembelian tiket. Karena memasuki area taman tanpa dipungut biaya alias gratis. Bisa berlama-lama disini asal tidak menginap ya sobat. :D

Dari semua kemudahan dan kenyamanan tulang diberikan oleh fasilitas publik ini sudah semestinya kita memanfaatkannya dengan baik. Menjaga adalah kewajiban semua yang berkunjung. Jangan merusak yang sudah ada. Jaga saja agar awet sampai turun temurun generasi selanjutnya masih dapat menikmatinya.

8 Destinasi Wisata Keluarga Di Bogor yang Wajib Dipilih Supaya Pintar dan Bahagia

Mencari tempat bermain luar ruangan di daerah perkotaan tidak mudah. Namun bukan berarti tidak ada. Tetap ada detinasi wisata keluarga di tengah hiruk pikuk aktivitas perkotaan. Jadi sobat tetap bisa mengajak si kecil untuk bermain di tempat yang menyenangkan. Bila sobat berada di Kota Bogor, artikel ini akan memberikan rekomendasi tempat wisata dengan konsep taman. Sangat cocok mengajak anak bermain sambil belajar disini.

Wisata kota bogor
Wisata Keluarga Kota Bogor

Berikut taman di sekitar Kota Bogor yang sudah rangkum kebanyakanpiknik.com disini. Informasi umum tentang alamat, jadwal buka, nomor kontak yang bisa sobat hubungi, harga tiket masuknya juga lengkap dengan fasilitas yang disediakan.

1. Agripark Taman Kencana (Kencana Park Bogor)


Lokasi Agripark taman kencana ini berada di jalan Taman Kencana Nomor 3, Babakan, Bogor tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Letaknya yang berada di pusat sangat strategis dan mudah dijangkau.

Harga tiket Kencana park bogor
Instagram/@o_dendyyy

Jadwal buka Kencana park Bogor ini setiap hari (senin-minggu), mulai dari jam 08.00 hingga 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Kencana Park Bogor adalah 35.000 rupiah sampai 120.000 rupiah per orang. Harga tersebut tergantung dari paket wisata yang sobat ambil selama berkunjung.

Fasilitas Agripark Taman Kencana sangat cocok disebut dengan tempat wisata edukasi. Disini sobat bisa mengajak buah hati bermain, dekat dengan alam dan sekaligus belajar. Memang konsep yang diusung menenjemen tempat ini adalah mengajak anak-anak bermain dengan sengan disini sekaligus memberi edukasi tentang pertanian dan beternak.

Fasilitas Fun Farmingnya menyediakan area untuk anak-anak dapat belajar bercocok tanam. Anak-anak bisa menanam sayur atau buah-buahan. Dan anak diberi pemahaman tentang cara merawat tanaman tersebut.

Masuk lebih dalam lagi, sobat akan menemukan Agripark dengan Rumah Sapi Perah Dan Istana Kambing. Di area ini anak-anak akan diajarkan bagaimana cara untuk memerah sapi dan juga kambing dengan baik. Ada dua jadwal untuk memerah sapi dan kambing disini, yaitu jam 8 (delapan) pagi dan jam 3 (tiga) sore. Setelah susu diperah, selanjutnya dibawa ke Rumah Yogurth untuk diolah disana.

Secara umum, fasilitas disini selain taman hijau yang cocok dijadikan tempat wisata santai dan menyegarkan pikiran. Juga bermanfaat sebagai sarana informasi dan edukasi anak-anak tentang bertanam dan juga membuat yogurth. Selain itu juga ada kafe, mini lab dan juga toko souvenir khas Bogor disini.

Nomor telepon yang bisa sobat hubungi di Agripark Taman Kencana Bogor ini adalah 0251-8310438, mungkin sobat memerlukan informasi tentang tempat ini secara lengkap.

2. Agrowisata Gunung Mas


Alamat Agrowisata Gunung Mas ini di Jalan Raya Puncak-Kotak Pos 6 No. KM 87, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, 16750o

Fasilitas Agrowisata gunung mas bogor
Instagram/@dewi.queensha

Jadwal dimana sobat bisa berkunjung ke perkebunan gunung mas Cisarua ini pada jam buka pukul 7.00 sampai 15.00 setiap harinya.

Fasilitas di destinasi wisata Agrowisata Gunung Mas di Cisarua satu ini selain menyajikan hamparan kebun teh hijau juga memiliki kuda tunggang yang bisa disewa untuk berjalan-jalan dengan si kecil atau bermain layang-layang, juga bila ingin sekedar bermain-main di arena khusus anak. Tempat wisata ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara. Lebih lengkapnya ada beberapa fasilitas yang ditawarkan menejemen kepada pengunjung, yaitu.


  • Tea Corner dan Teh Cafe Agrowisawa Gunung Mas

Bila sobat berkunjung kesini bisa menikmati teh walini gratis di front office nya hanya dengan menunjukkan tiket masuk tadi. Selain itu juga di bagian tea corner-nya sobat bisa menikmati minum teh dengan pisang goreng sambil menikmati suasana sejuk disana.


  • Tea Walk

Jika sobat ingin berkeliling de kebun tehnya yang luas tanpa tersesat maka sobat perlu membayar lagi untuk fasilitas ini. Karena sobat akan didampingi seorang guide atau pemandusata. Untuk pilihan ini sangat cocok untuk anak-anak bahkan untuk orang dewasa juga sebenarnya. Sebab pemandu wisata nanti selain menemani berkeliling juga akan menjelaskan tentang perkebunan teh. Jadi wisata edukasi ini akan menambah pengetahuan pengunjung tentang perkebunan teh.


  • Menunggang Kuda

Kuda tunggangan disini jenis kuda Sumbawa yang bisa sobat sewa untuk melatih anak berani mencoba hal baru. Biaya untuk menyewa kuda ini bervariasi tergantung dari berapa jauh rute yang diinginkan dan juga durasinya.


  • Mobil Off Road dan ATV

Selain menyewa kuda, sobat juga bisa menyewa ATV atau mobil off road untuk berkeliling menikmati udara sejuk yang disediakan disana. Karena lokasi disini salah satu tempat yang cocok untuk tempat outbond di kota Bogor. 


  • Kolam Renang

Destinasi wisata ini juga menyediakan kolam renang sebagai salah satu fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung. Namun perlu diketahui bahwa lokasi tempat ini yang berada di 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan suhu berkisar antara 18-22 derajat selsius pasti akan sangat dingin menyengat. Bila sobat tidak terbiasa dengan suhu dingin lebih baik jangan berenang disini.


  • Berkemah

Sobat dan keluarga bisa berkemah bersama disini juga. Tidak usah khawatir jika tidak memiliki peralatan kemah. Disini sdisediakan untuk sobat yang ingin menyewanya. Jangan lupa bawa pakaian hangatnya ya.


  • Menyewa di Pondokan

Selain berkemah, sobat bisa memilih alternatif lain untuk menginap disini. Yaitu menyewa Pondokan yang disedikan pihak pengelolanya. Harganya tentu disesuaikan dengan fasilitas yang didapat, jadi berbeda-beda.


  • Main Gantole

Bukit gantole Bogor sering dijadikan sebutan untuk tempat ini karena memang disini adalah tempat yang terkenal dengan lokasi untuk bermain gantole. Jadi untuk sobat yang biasa bermain olahraga ini wajib dicoba sepertinya.


  • Pusat Oleh-Oleh

Saat pulang dari piknik nanti sobat tidak perlu bingung harus membawakan apa. Disini ada pusat oleh-oleh yang menjual produk khas perkebunan teh. Macam-macam teh bisa sobat dapat disini untuk dibawa pulang dan dibagi-bagikan pda kerabat.

Harga tiket masuk Agrowisawa Gunung Mas ini relatif murah, hanya 15.500 rupiah saja sobat sudah bisa mengajak anak-anak bermain disini. Rincian biaya untuk fasilitas lainnya sebagai berikut:

  • Tiket masuk (termasuk minum teh gratis) 15.500 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 4 KM 20.000 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 6 KM 25.000 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 8 KM 30.000 rupiah
  • Biaya Tea Walk dengan Rute 10. Km 35.000 rupiah
  • Berkuda selama 15 menit 30.000 rupiah
  • Berkuda selama 30 menit 50.000 rupiah
  • Sewa satu Mobil Off Road untuk 4 orang 100.000 rupiah per jam
  • Sewa ATV 50.000 rupiah selama 15 menit
  • Kolam renang 5000 rupiah (untuk yang menginap gratis)

Hubungi telepon 0251-8250356, 8252501 jika sobat membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Agrowisata Gunung Mas Cisaruas ini.

3. Alam Fantasia


Alamat Alam Fantasia ini adalah di Sumur batu, Kecamatan Babakan Madang, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, 16810.

Wisata Keluarga alam fantasia
Instagram/@hellondutsie

Jadwal destinasi ini buka setiap hari sabtu dan minggu saja mulai pukul 8.00 pagi sampai 17.00 sore. Jadi sobat dan keluarga bisa menghabiskan weekend disini ya.

Harga tiket masuk objek wisata Alam Fantasia ini 15.000 per orang. Biaya tiket tambahan tertera di beberapa wahana yang disediakan di dalam area wisata.

Fasilitas yang disediakan disini selain taman buatan yang cantik, juga disediakan toilet dan mushola untuk sobat yang berkunjung kesana. Anak-anak akan bermain disini dengan sensasi wisata alam tentunya sobat. Jangan bingung dengan permainan menarik agar anak betah disini. Ada area bermain yang disediakan untuk anak-anak. Hampir sama dengan permainan anak yang sering ditemui di pusat perbelanjaan, namun bedanya disini adalah bisa mendapat udara segar dan mata jadi fresh melihat yang sejuk-sejuk. Permainan yang bisa ditemui disini seperti bumper car, battery car, convoy car, slip car, gokart, fancy train, airplane, ferris wheel, aladdin, sky cycle dan juga trampolin.

Nomor telepon Alam Fantasia Sentul bisa sobat hubungi di nomor 021-87961579-80

4. Cibalung Happy Land


Jika sobat memilih objek wisata Cibalung Happy Land sebagai tujuan mengajak si kecil bermain menikmati alam yang sejuk dan menyenangkan. Maka sobat mendapat bonus ilmu untuk berkebun dan memerah sapi.

Cibalung happy land bogor
Instagram/@cibalung_happyland

Lokasi objek wisata Cibalung Happy land berada di Jalan Cihideung, kampung Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jika sobat bingung bisa menggunakan map sebagai petunjuk jalan.

Jam buka Happy Land ini mulai pukul 09.00-17.00 setiap hari senin- jumat. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu buka pukul 8.00-17.00 WIB.

Harga tiket masuk wisata ini 25.000 untuk weekday sedangkan untuk akhir pekan atau weekend tarif masuk wisata sebesar 30.000. 

Banyaknya fasilitas yang disedikan di Cibalung Happy Land bisa disesuaikan dengan aktivitas dan wahana apa saja yang pengunjung pilih.

Fasilitas yang ditawarkan Cibalung Happy Land ini beragam dan menarik untuk dicoba rasakan sensasinya. Sebagai lokasi wisata yang mengusung tema edukasi tentu ada fasilita yang mengajarkan sesuatu yang bermanfaat, seperti menangkap ikan, menanam padi dan stroberi, embajak sawah, memanen sayuran, memerah susu sapi, atau sekedar bermain dengan bebek disini pasti anak-anak akan betah berlama-la sambil menghafalkan nama-nama hewan.

Fasilitas Waterpark yang menarik disini, banyak pilihan wahana lainnya juga yang disediakan. Ada flying fox, mini ATV, Bungge trampoline, paintball, panahan.

Jika sobat tertarik untuk menjajal beberapa fasilitasnya juga ada beberapa piliha paket yang bisa sobat sesuaikan dengan kebutuhan.

Villa dan camp juga disediakan disini sobat. Harga sewanya bervariasi untuk villa, antara 1.900.000 rupiah sampai 2.500.000 rupiah sesuai fasilitas yang sobat dapat saat menginap. Atau sobat ingin lebih berbaur dengan alam bisa juga memilih fasilitas camp. Kisaran harga sewanya adalah 170.000 rupiah sampai 1.000.000 rupiah ya sobat. Jadi siapkan saja budget untuk kebutuhan liburannya disini.

Hubungi nomor 0251-821171 atau 021-77218051 jika sobat membutuhkan informasi lain.

5. Fishing Valley


Alamat lengkap objek wisata Fishing Valley Bogor ini adalah di Jalan Pemda-Karadenan Nomor 107, Pasir jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Mancing di fishing valley
Instagram/@revabundo

Harga tiket masuk destinasi Fishing Valley ini 25.000 untuk hari biasa (senin-jumat) sedangkan untuk akhirpekan (sabtu dan minggu) tarifnya 30.000 rupiah.

Jam oprasional tempat ini adalah pukul 8.00 sampai 21.00 setiap harinya. Sobat bakal puas bermain disini dengan kelurga, dari pagi sampai malam mancing ikan.

Fasilitas di Fishing Valley tentu sesuai namanya, tidak jauh-juh dengan aktivitas memancing dan air. Area luas disedikan untuk pengunjung memancing ria disini. Lebih asiknya lagi, hasil pancingan yang kita peroleh bisa dimasak dan disantap disini. Atau jika sobat mau membawanya pulang juga sangat bisa. Tinggal timbang berat ikan hasil tangkapan dan membayar sesuai harga ikannya. Sehingga pengunjung akan merasakan ikan hasil tangkapannya sendiri.

Untuk alat pancing sobat bisa membawanya dari rumah ya karena di tempat ini tidak disediakan penyewaannya. Namun bila sobat belum memilikinya maka sobat bisa membelinya disi dengan harga terjangkau.

Jika sobat ingin merasakan memancing dengan suasana yang lebih privasi maka sobat harus memilih kolam galatama yang bisa dipilih di Fishing valley ini. Kolam galatama ini cocok jika sobat ingin menggelar acara-acara seru-seruan, seperti lomba memancing bersama rkan kerja atau kelurga dekat.

Untuk yang bukan pecinta memancing maka sobat bisa bergeser sedikit untuk memilih wahana outbondnya. Seperti Flying fox, wall climbing, spider web, bola apung, jembatan goyang, sky bike, tali tarzan, dan burma bridge.

Wahana lain yang ramah untuk anak-anak adalah waterpark-nya fishing valley. Anak-anak bisa bermain air dengan puas disini. Wahananya menarik dan sangat seru. Kuliner sunda juga bisa sobat nikmati di restoran atas airnya. Sobat bisa lesehan menikmati hidangan di tengah lembah hijau.

Nomor telepon Fishing Valley Bogor yang bisa sobat hubungi adalah 0251-8662808 atau 8685722.

6. Kebun Wisata Pasirmukti


Satu lagi tempat wisata Bogor yang mengusung konsep Back to Nature. Tema hijau dan sehat sangat cocok untuk kita mengajak anak-anak bermain di luar.

Kebun wisata pasirmukti
Instagram/@kwpedumfarm

Lokasi kebun wisata pasirmukti ini berada di alamat jalan raya tajur pasirmukti KM. 4, citeureup, Bogor, Jawa Barat, 16810.

Harga tiket masuk (HTM) kebun wisata pasirmukti di bogor ini adalah 15.000 per orang. Dengan membayar karcis itu sobat sudah bisa mendapatkan welcome drink dan juga asuransi kecelakaan disini.

Untuk harga permainan yang ada disini berkisar antara 75.000 sampai 350.000 dengan minimum 10 orang dalam kelompok. Sobat bisa memilih paket sesuai kebutuhan dan yang cocok untuk sobat dan keluarga.

Fasilitas yang diberikan kebun wisata ini adanya peternakan hewan seperti sapi, ayam, bebek dan lain sebagainya. Fasilitas ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak dengan hewan ternak.

Untuk fasilitas yang menjadi primadona adalah memancing, menanam padi, buah dan sayuran, bisa juga sobat dan si kecil memandikan kerbau. Adanya area lumpur pasti diminati anak-anak yang aktif seperti menagkap belut, tarik tambang, atau lomba tinju dalam kolam lumpur. Jangan lupa sobat bawakan baju ganti untuk mereka yang asik bermain-main lumpur, lebih baik saat nyemplung dala kolam lumpur memakai baju yang jarang dipakai lagi, atau sudah tidak bagus lagi.

Hubungi nomor 021-87943864 atau 021-87943865 untuk reservasi atau informasi lebih lengkap.

7. Kebun Raya Bogor


Objek wisata satu ini pasti sudah sering didengar oleh masyarakat luar daerah. Karena konsepnya sebagai wisata yang memiliki keindahan sekaligus juga ada sisi historisnya.

Cerita tentang Kebun raya bogor
Instagram/@septianbdmn

Lokasi kebun raya bogor ini berada di tegah kota bogor, lebih lengkapnya berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, 16122.

Jam buka kebun raya ini mulai pukul 8.00 sampai 17.00 setiap harinya (senin-minggu). Sobat bisa memilih waktu pagi untuk berkunjung agar puas menikmati semua fasilitas yang ada disana.

Harga tiket masuk (HTM) kebun raya bogor 15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan 25.000 per orang untuk wisatawan asing. Biaya parkir unuk roda 2 sebesar 5000 rupiah. Jika sobat ingin berkeliling dengan sepeda maka sobat perlu membaya 5000 lagi. Atau ingin berkeliling dengan kendaraan roda 4 maka biayanya 30.000 rupiah.

Fasilitas yang diberikan oleh Kebun raya bogor ini adalah sobat bisa menikmati suasana kebun yang asri dan sejuk. Luasnya yang mncapai 87 hektar ini memiliki 15.000 spesies tumbuhan.

Selain bersantai dan bermain-main, sobat bisa memperkenalkan nilai sejarah di tempat ini. Tentang perjuangan Indonesia merdeka dan mempertahankan kemerdekaannya. Banyak peninggalan bersejarah yang memiliki cerita dan akan menarik bila sobat bisa sampaikan pada si kecil.

Disini juga ada laboratorium, penjual tanaman, juga penginapan, museum zoologi dan cafe.

Hubungi saja 021-5225641 jika sobat membutuhkan informasi lainnya.

8. Rumah Air Bogor


Alamat objek wisata ini berada di Jalan Boulevard CBD, Bogor Nirwana Residence, Nomor STA 000-0240, mulyaharja, Bogor selatan, Bogor, Jawa barat, 16135.

Wahana rumah air bogor
Instagram/@christyliona

Tiket masuk tidak bayar alias gratis, namun bila sobat ingin menikmati wahananya maka sobat perlu membayar tiket permainan sekitar 20.000 sampai 35.000. Jika si kecil ingin menjajal semua permainan maka sobat perlu menyiapkan budget agak banyak ya.

Jam buka rumah air bogor ini adalah pukul 10.00-22.00 untuk weekday dan untuk weekend jadwalnya pukul 10.00 sampai 23.00 WIB. Cukup puas untuk bermain-main disini sehari kan.

Fasilitas yang sobat bida dapet di tempat ini adalah wahana permainan, pemancingan dan restoran. Sesuia namanya, tempat ini pasti banyak berhubungan dengan air. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti untuk dipakai setelah selesai bermain air. Anak-anak bisa mnikmati permainan beranekaragam seperi istana balon, ATV, han boat, bumper boat, otopad, becak mini, sirkuit remote control, crazy ball dan battery car.

Untuk restorannya memiliki konsep tempat makan bergaya saung dengan menu khas sunda. Menu andalan tempat ini adalah sop ikan nila kelapa muda bakar dengan penyajiannya menggunakan batok kelapa yang dibakar.

Nomor telepon 0251-8200505 bisa sobat hubungi untuk informasi lengkapnya.

*** 

Bagaimana sobat? Bogor menyajikan banyak wisata alam yang bertema edukasi ya. Sangat cocok untuk berwisata keluarga dengan mengajak serta anak-anak untuk bermain dengan langsung praktik bertani dan berkebun. Ayo main di luar biar senang dan bahagia.

7 Tips Agar Anak Bermain di Luar Tetap Aman dan Menyenangkan Perlu Diketahui Orang Tua

Banyak manfaatn kesehatan untuk anak-anak yang biasa bermain di luar ruangan. Jadi bagi orang tua juga pasti menginginkan anaknya bisa bermain dan berinteraksi langsung dengan lingkungan. Karena tidak bagus untuk si kecil terus-terusan berada di ruangan. 

Anak aman main di luar
Tips Anak Aman Main Di luar

Namun kekhawatiran sebagai orang tua yang anaknya bermain di luar memang banyak sekali. Mulai dari kecelakaan bermain hingga penculikan. Maka sebagai orang tua harus mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan agar anak aman saat bermain di luar. Berikut ada tips penting untuk anda sebagai orang tua saat ingin mengajak anak bermain di luar dengan aman, sehingga suasana tetap menyenangkan.

  1. Periksa Area Bermain yang Digunakan Anak Bermain



Bila di sekitar rumah memiliki taman maka akan sangat membantu untuk mengajak anak bermain di lingkungan rumah saja. Namun untuk rumah yang berada di lingkungan perkotaan pasti mendapat lingkungan rumah seperti itu akan sulit. Sehingga anak lebih banyak diajak pergi ke mall di banding ke tempat yang memiliki udara yang sehat dan segar.

Walaupun di perkotaan sangat terbatas dengan lahan hijau, namun tetap ada pihak yang mengelola destinasi wisata yang mengusung tema penghijauan. Seperti taman yang cocok sebagai wisata kelurga, sehingga anak-anak akan aman berada disini. Pilihan lain seperti pantai juga sangat baik untuk bermain anak. Sebelum mengizinkan anak leluasa bermain, pastikan dahulu tempat tersebut aman dan bersih. Bila perlu cari review tempat tujuan tersebut dari internet sebelum memutuskan untuk berkunjung.

2. Pilih Waktu Pagi Agar Anak Terhindar Dari Sengatan Sinar Matahari 


Tujuan pergi ke taman sebagai tempat bermain anak sebaiknya diagendakan pagi hari. Saat Jam buka tempat bermain tersebut dimulai. Jam 7 hingga jam 9 panas matahari masih bagus jika langsung terkena anak. Namun jika memasuki jam 10, maka paparan sinar matahari ini tidak baik mengenai kulit. Apalagi kondisi kulit anak-anak yang masih sangat sensitif harus selalu dibawah pengawasan orang tua. 

Jika keadaan mengharuskan bermain di jam 10 ke atas maka sebisa mungkin ajaklah anak bermain di area yang lebih teduh. Agar meminimalisir paparan sinar matahari mengenai kulit secara langsung.

3. Jangan Lupa Membawa Makanan, Minuman dan Kebutuhan Lainnya.


Bermain di luar yang bertujuan mendapat manfaat kesehatan, maka pastikan juga makan dan minuman yang dikonsumsi juga menunjang kesehatan. Perhatikan makanan yang akan dibeli jika anak meminta. Lebih baik bawa saja perbekalan dari rumah sehingga terjamin sehatnya.

Anak yang bermain di luar pasti lebih banyak membutuhkan tenaga dibanding saat seharian di rumah. Sehaingga asupan makan dan minum harus sangat diperhatikan. Dan yang lebih sering terjadi adalah anak akan lupa makan karena keasyikan bermain.

Selain itu juga keperluan lain yang dibutuhkan anak jangan sampai tidak dibawa. Sebaia orang tua pasti sudah hapal kebutuhan apa saja yang harus dibawa selama bermain. Seperti pakaian ganti dan obat-obatan yang penting.

4. Tetap Mengawasi Kegiatan Bermain Anak


Jangan biarkan anak bermain sendiri tanpa pengawasan. Walaupun dari kejauahan tetap awasi kegiatan anak saat bermain. Walaupun ada orang dewasa lain di sekitar anak jangan lengah untuk mengontrol sang anak. Karena kadang orang lain rasa khawatirnya pada anak kita tidak sebesar orang tuanya sendiri.

5. Beri Pengertian Anak Agar Tidak Menerima Makanan/ Minuman Dari Orang Asing


Anak-anak yang polos harus diberi pengertian untuk tidak sembarangan menerima pemberian orang yang tidak dikenal. Beri pengertian bahaya yang pernah terjadi agar menjadi memori yang memerintahkan agar memiliki sikap waspada.  Bagaimanapun segala sesuatu harus selalu dipersiapkan. Karena ancaman kejahatan akan selalu mengancam, jadi harus selalu berhati-hati dan penuh persiapan.

6. Pastikan Permainan yang Digunakan Anak Sesuai Usianya


Selalu mengawasi kegiatan anak ini akan membantu kita untuk memperhatikan dan memberi pengertian pada sang anak tentang permainan yang ia gunakan. Jika permainannya sesuai dengan usianya tentu tidak akan membahayakan saat bermain. Terkadang anak ikut-ikutan bermain dengan temannya yang lebih besar di area yang tidak sesuai dengan usianya, sehingga akan membahayakan. Bisa saja menyebabkan cidera dirinya jika tidak diarahkan perhatiannya pada yang lainnya lebih aman untuk dirinya.

7. Ajari anak Berinteraksi Dengan Teman Bermainnya 


Momen bermain ini sangat baik untuk mengajari anak bisa berinteraksi dengan anak lainnya. Biasakan anak untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan berbaur dengan anak lain, sebagai manfaat komunikasi yang baik.

Anak berinteraksi dengan teman
Ajari Anak Berinteraksi

Jika dirasa waktu bermain sudah lama, maka cukupkan bermain agar anak beristirahat dan kembali ke rumah. Jika selesai bermain maka bersihkan tubuh anak, terutama tangan. Mandi jika diperlukan, namun mencuci tangan dengan sabun sangat dianjurkan. Bila tidak memungkinkan maka beri hand sanitiser saja tangan anak.

Jangan sia-siakan tumbuh kembang anak yang hanya sebentar dengan membiarkannya terjajah game online di gadget. Mengajaknya bermain akan menyehatkan pikiran dan badannya, jadi ajak ke luar buah hatinya melihat dunia yang indah dan mengajarinya bersyukur. Dengan mengetahui tips mengajak anak bermain di luar dengan aman ini tidak perlu khawatir lagi. Selamat bermain.