7 Lokasi Prawedding Terfavorit Penuh Romantis Di Yogyakarta

Momen menjelang pernikahan pasti terasa sangat menyenangkan dan mendebarkan untuk pasangan yang sedang kasamaran. Membayangkan kehidupan yang manis bersama pasangan yang disayangi akan menambah semangat dalam menjalani hari-hari.

Persiapan demi persiapan pasti direncanakan dengan baik. Karena pernikahan yang akan dilaksanakan pasti diharap untuk yang pertama dan terakhir kali selama hidup. Menjalani bahtera rumah tangga bersama sampai maut memisahkan.

Rangkaian menuju halal yang hits saat ini adalah prosesi pengambilan foto pra nikah. Atau dalam bahasa inggrisnya adalah prawedding. Foto yang nantinya akan dipajang di undangan atau sebagai pemanis dekorasi saat resepsi.

Pemilihan lokasi menjadi hal yang harus dipersiapan dengan baik. Untuk menyesuaikan konsep foto yang sobat akan gunakan. Berikut kebanyakan piknik berikan rekomendasi untuk sobat pilih tempat prewedding yang sobat inginkan di daerah istimewa Yogyakarta.


1. Hutan Pinus Mangunan


Alamat di Desa mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Tempat ini sangat sejuk dan menyenangkan. Berada di bawah pepohonan yang tinggi menjulang bernama pinus merkusi. Mendukung untuk suasana romantis pasangan kasmaran yang sedang mempersiapkan prosesi bahagia. 


Hutan pinus mangunan imogiri
Instagram/@travelmurahjogja

Ada bangunan seperti panggung yang dikelilingi kursi kayu layaknya tempat pertunjukan teater. Dijamin kegiatan prewedding sobat akan syahdu di destinasi ini. 


2. Pantai Parangtritis


Alamat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kletek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pantai yang memiliki cerita mistis yang melegenda ini sangat terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan se Indonesia. Jika berkunjung kesini di harapkan sobat jangan memakai baju berwarna hijau. 

Karena penguasa pantai selatan yang disebut sebagai Nyi Roro Kidul kabarnya tidak menyukai itu. Dan barang siapa yang melanggar akan di bawa ke istananya. 

Prewedding Pantai parangtritis yogyakarta
Instagram/@ardiwibowo21

Eiitss.. jangan takut tapi sobat. Suansananya tetap mendukung untuk pemotretan mesra kok. Bila memilih lokasi pantai parangtritis sebagai latar prewedding sobat maka cukup mengikuti adat istiadat yang berlaku disana saja ya.

3. Istana Ratu Boko


Secara administratif, situs ini berada di wilayah dua Dukuh, yakni Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Istana Ratu Boko awalnya bernama Abhayagiri Vihara yang berarti biara di bukit yang penuh kedamaian. Digunakan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual.

Candi ratu boko yogyakarta
Instagram/@budiandaviar

Bila sobat disini, maka sobat akan merasakan suasana damai. Dan pemandangan yang ditawarkan adalah kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi.

Romantis kan untuk latar pemotretan acara prewedding disini. Patut dipertimbangkan tempat ini kan. :)

4. Istana Air Tamansari


Alamat di Jl. Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini menurut penuturan orang-orang merupakan keraton pada jaman dulu. Jadi sebelum adanya kraton Yogya yang kita tahu sekarang. Tamansari adalah tempat tinggal para bangsawan Yogyakarta.

Istana air tamansari yogyakarta
Instagram/@alvinphotography

Tempat ini memiliki keunikannya tersendiri. Destinasi ini terbagi menjadi 4 dan tempatnya berbaur dengan pemukiman warga. Jadi sobat yang belum paham, sebaiknya menggunakan jasa guide untuk memandu sobat tanpa tersesat.

Nah tempat penuh sejarah ini, sangat cocok untuk sobat yang mengusung tema prewedding klasik. Bisa menggunakan kostum gaun putri dan stelan pangeran di tempat ini.

5. Goa Jomblang


Alamat di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893

Goa ini cocok buat kamu yang suka dengan tantangan. Tempat yang ektrem untuk sebuah photo shot keperluan prawedding. Pasalnya goa ini terkenal dengan goa vertikal.

Goa jomblang yogyakarta
Instagram/@ysdphotography

Untuk memasuki goa ini, sobat harus menuruni mulut goa dengan tali. Jangan khawatir buat sobat yang tidak ahli dalam panjat memanjat. Atau bahkan belum pernah memanjat. 

Karena untuk memasuki goa ini sobat bisa memilih jalur yang paling mudah sampai yang ekstrem. Dan sobat akan diberi pengarahan singkat dari pemandu untuk menuruni mulut goa hingga masuk ke dalamnya.

Pengambilan foto dengan cahaya matahari dari atas akan menambah syahdu jepretan dari fotografer profesional pilihan sobat. Waktu yang tepat untuk mendapat cahaya seperti mendapat pancaran surga adalah tengah hari sekitar pukul 1 siang.

6. Nol Kilometer Jogjakarta


Alamat di Jl. Panembahan Senopati, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tempat yang disebut sebagai jantungnya kota Yogyakarta ini ternyata menjadi tempat yang mantap untuk latar pengambilan foto. Klasik dan unik menjadi tema yang cocok jika prewedding mu diambil disini.

Prewedding Nol kilometer yogyakarta
Instagram/@andrinugrh

Pinggiran jalan dengan latar bangunan lama yang ada di Yogya akan menjadi saksi kisah cintamu yang cemerlang dengan pasangan. Dan tidak perlu malu bergaya disini sobat. Karena sebagaimana yang orang lain juga sudah paham bahwa jika ada sejoli yang sedang kasmaran. Maka orang-orang lain itu cuma ngontrak di dunia ini. :D

7. Gumuk Pasir Parangkusumo


Alamat di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

Wisata alam yang unik ini bisa juga sobat jadikan sebagai lokasi pengambilan foto menjelang pernikahan. Dengan hamparan gundukan-gundukan pasir yang ada di sepanjang pantai depok sampai pantai parangtritis ini sangat sedap dipandang mata.

Prewedding gumuk pasir yogyakarta
Instagram/@fandiryan

Fenomena unik ini ternyata terjadi karena abu vulkanik gunung merapi yang terbawa aliran air laut hingga terombang ambing sampai ke darat. Terjadi dengan durasi yang sangat lama dan terus menerus membuat keunikan tempat ini terjadi.

Tiket masuk hanya sebesar 3000 rupiah saja. Sobat bisa mendapat jepretan asik dengan berbagai tema bersama pasangan sobat disini.

***

Itulah tadi 7 rekomendasi tempat prewedding yang ada di yogyakarta. Adakah yang sesuai dengan konsep pernikahan yang ingin sobat ambil?

Semoga artikel ini bermanfaat dan sobat yang sedang mempersiapkan pernikahan dapat lancar dan kehidupan rumah tangganya dapat sakinah, Mawadah warahma. 

2 komentar untuk "7 Lokasi Prawedding Terfavorit Penuh Romantis Di Yogyakarta "

Comment Author Avatar
Pengennya ke Goa Jomblang. Biar pre-weddingnya agak beda-beda sedep gitu. Tapi mikir pas mau turun sama naiknya susah, yowes...cari spot yabg gampang aja
Comment Author Avatar
Hadoh jadi pengen prewed

sama siapa coba wong jomblo hahahahha