7 Tips Agar Anak Bermain di Luar Tetap Aman dan Menyenangkan Perlu Diketahui Orang Tua

Banyak manfaatn kesehatan untuk anak-anak yang biasa bermain di luar ruangan. Jadi bagi orang tua juga pasti menginginkan anaknya bisa bermain dan berinteraksi langsung dengan lingkungan. Karena tidak bagus untuk si kecil terus-terusan berada di ruangan. 

Anak aman main di luar
Tips Anak Aman Main Di luar

Namun kekhawatiran sebagai orang tua yang anaknya bermain di luar memang banyak sekali. Mulai dari kecelakaan bermain hingga penculikan. Maka sebagai orang tua harus mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan agar anak aman saat bermain di luar. Berikut ada tips penting untuk anda sebagai orang tua saat ingin mengajak anak bermain di luar dengan aman, sehingga suasana tetap menyenangkan.

  1. Periksa Area Bermain yang Digunakan Anak Bermain



Bila di sekitar rumah memiliki taman maka akan sangat membantu untuk mengajak anak bermain di lingkungan rumah saja. Namun untuk rumah yang berada di lingkungan perkotaan pasti mendapat lingkungan rumah seperti itu akan sulit. Sehingga anak lebih banyak diajak pergi ke mall di banding ke tempat yang memiliki udara yang sehat dan segar.

Walaupun di perkotaan sangat terbatas dengan lahan hijau, namun tetap ada pihak yang mengelola destinasi wisata yang mengusung tema penghijauan. Seperti taman yang cocok sebagai wisata kelurga, sehingga anak-anak akan aman berada disini. Pilihan lain seperti pantai juga sangat baik untuk bermain anak. Sebelum mengizinkan anak leluasa bermain, pastikan dahulu tempat tersebut aman dan bersih. Bila perlu cari review tempat tujuan tersebut dari internet sebelum memutuskan untuk berkunjung.

2. Pilih Waktu Pagi Agar Anak Terhindar Dari Sengatan Sinar Matahari 


Tujuan pergi ke taman sebagai tempat bermain anak sebaiknya diagendakan pagi hari. Saat Jam buka tempat bermain tersebut dimulai. Jam 7 hingga jam 9 panas matahari masih bagus jika langsung terkena anak. Namun jika memasuki jam 10, maka paparan sinar matahari ini tidak baik mengenai kulit. Apalagi kondisi kulit anak-anak yang masih sangat sensitif harus selalu dibawah pengawasan orang tua. 

Jika keadaan mengharuskan bermain di jam 10 ke atas maka sebisa mungkin ajaklah anak bermain di area yang lebih teduh. Agar meminimalisir paparan sinar matahari mengenai kulit secara langsung.

3. Jangan Lupa Membawa Makanan, Minuman dan Kebutuhan Lainnya.


Bermain di luar yang bertujuan mendapat manfaat kesehatan, maka pastikan juga makan dan minuman yang dikonsumsi juga menunjang kesehatan. Perhatikan makanan yang akan dibeli jika anak meminta. Lebih baik bawa saja perbekalan dari rumah sehingga terjamin sehatnya.

Anak yang bermain di luar pasti lebih banyak membutuhkan tenaga dibanding saat seharian di rumah. Sehaingga asupan makan dan minum harus sangat diperhatikan. Dan yang lebih sering terjadi adalah anak akan lupa makan karena keasyikan bermain.

Selain itu juga keperluan lain yang dibutuhkan anak jangan sampai tidak dibawa. Sebaia orang tua pasti sudah hapal kebutuhan apa saja yang harus dibawa selama bermain. Seperti pakaian ganti dan obat-obatan yang penting.

4. Tetap Mengawasi Kegiatan Bermain Anak


Jangan biarkan anak bermain sendiri tanpa pengawasan. Walaupun dari kejauahan tetap awasi kegiatan anak saat bermain. Walaupun ada orang dewasa lain di sekitar anak jangan lengah untuk mengontrol sang anak. Karena kadang orang lain rasa khawatirnya pada anak kita tidak sebesar orang tuanya sendiri.

5. Beri Pengertian Anak Agar Tidak Menerima Makanan/ Minuman Dari Orang Asing


Anak-anak yang polos harus diberi pengertian untuk tidak sembarangan menerima pemberian orang yang tidak dikenal. Beri pengertian bahaya yang pernah terjadi agar menjadi memori yang memerintahkan agar memiliki sikap waspada.  Bagaimanapun segala sesuatu harus selalu dipersiapkan. Karena ancaman kejahatan akan selalu mengancam, jadi harus selalu berhati-hati dan penuh persiapan.

6. Pastikan Permainan yang Digunakan Anak Sesuai Usianya


Selalu mengawasi kegiatan anak ini akan membantu kita untuk memperhatikan dan memberi pengertian pada sang anak tentang permainan yang ia gunakan. Jika permainannya sesuai dengan usianya tentu tidak akan membahayakan saat bermain. Terkadang anak ikut-ikutan bermain dengan temannya yang lebih besar di area yang tidak sesuai dengan usianya, sehingga akan membahayakan. Bisa saja menyebabkan cidera dirinya jika tidak diarahkan perhatiannya pada yang lainnya lebih aman untuk dirinya.

7. Ajari anak Berinteraksi Dengan Teman Bermainnya 


Momen bermain ini sangat baik untuk mengajari anak bisa berinteraksi dengan anak lainnya. Biasakan anak untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan berbaur dengan anak lain, sebagai manfaat komunikasi yang baik.

Anak berinteraksi dengan teman
Ajari Anak Berinteraksi

Jika dirasa waktu bermain sudah lama, maka cukupkan bermain agar anak beristirahat dan kembali ke rumah. Jika selesai bermain maka bersihkan tubuh anak, terutama tangan. Mandi jika diperlukan, namun mencuci tangan dengan sabun sangat dianjurkan. Bila tidak memungkinkan maka beri hand sanitiser saja tangan anak.

Jangan sia-siakan tumbuh kembang anak yang hanya sebentar dengan membiarkannya terjajah game online di gadget. Mengajaknya bermain akan menyehatkan pikiran dan badannya, jadi ajak ke luar buah hatinya melihat dunia yang indah dan mengajarinya bersyukur. Dengan mengetahui tips mengajak anak bermain di luar dengan aman ini tidak perlu khawatir lagi. Selamat bermain.


Hobi banget traveling! Hampir setiap hari jalan-jalan, minimal jalan di tempat.

Jangan Lewatkan!

0 komentar: