7 Air Terjun Di Karanganyar Jawa Tengah Ini Asli Nyegerin

Kabupaten Karanganyar berada di Jawa tengah ini, banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Banyak diantaranya masih alami bahkan belum dikelola secara maksimal.

Salah satunya, wisata alam air terjunnya yang dalam bahasa sekitar disebut dengan grojogan. Letaknya yang berada di lereng gunung lawu dijamin akan menyegarkan mata dengan hamparan hijaunya.
Kebanyakan piknik akan menyuguhkan review tentang 7 grojogan atau air terjun yang berada di Karanganyar, Jawa tengah ini untuk sobat piknik semua. Check this out.

Grojogan Sewu


Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

Grojogan sewu atau juga berarti air terjun seribu ini bisa dibilang icon-nya kabupaten Karanganyar. Saking terkenalnya destinasi yang satu ini.

Air terjun grojogan sewu
Instagram/@zuckici

Untuk hari libur dan akhir pekan pengunjung yang datang bisa 2 kali lipat lebih banyak dibanding hari biasa. Jadi untuk sobat yang ingin mendapat pengalaman liburan mengesankan di grojogan sewu pilihlah waktu kunjungan weekday.

Memasuki area wisata ini sobat hanya perlu membayar tiket masuk 15.000 saja. Pintu masuk grojogan sewu ada dua alternatif.

Bisa melalui pintu atas atau pintu bawah. Tim kebanyakan piknik pernah kesini melalui pintu masuk atas. Jadi harus melalui anak tangga yang banyak dulu untuk mencapai air terjun cantik ini.

Tidak perlu khawatir, karena anak tangga bermaterial semen dan terawat dengan baik. Jika sobat tidak ingin capek naik turun tangga disana disediakan sewa kuda lengkap dengan pawangnya.

Nah untuk menggunakan fasilitas kuda, sobat harus melalui pintu bawah. Pintu atas khusus untuk pejalan kakinya saja. 

Area ini sobat akan menemui banyak sekali monyet buntut panjang. Mereka sudah sangat terbiasa berdampingan dengan manusia tapi sobat piknik tetap harus berhati-hati pada barang bawaannya ya. Jangan sampai ada monyet usil yang ambil barang bawaan kita.

Fasilitas disini sangat lengkap. Dari urusan perut, tersedia kantin-kantin, toilet, parkiran luas, masjid, sampai area penjaja oleh-oleh. 

Air Terjun Jumog


Alamat: Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Air terjun jumog ini dikelola mandiri oleh warga sekitar. Jadi keasrian dan kealamian alamnya masih sangat terasa.

Air terjun jumog
Instagram/@gilagilgila

Berbeda dengan grojogan sewu yang sudah dikelola oleh pemerintah setempat. Sehingga memiliki banyak fasilitas yang jauh lebih banyak.

Karena belum setenar destinasi wisata yang lain. Grojogan jumog ini masih tergolong sepi pengunjung. Jika sobat menginginkan tempat liburan yang tenang, maka tempat ini sangat cocok.

Walaupun belum seramai destinasi lain, fasilitas air terjun yang terbelah dua ini cukup lengkap. Ada parkir walaupun tidak terlalu luas, mushola, gazebo, toilet dan warung-warung makan.

Pengunjung hanya perlu membayar retribusi tiket masuk air terjun jumog sebesar 3000 rupiah saja. Dan parkir kendaraan roda dua 1000, sedangkan roda empat biayanya 2000 rupiah.

Dari parkiran sobat harus melewati jalan setapak yang menurun sejauh 400 meter untuk mencapai air terjun. Jalanan berupa anak tangga ini juga sudah semen, tapi sobat tentu juga tetap harus berhati-hati.

Air Terjun Parang Ijo

Alamat: linggur, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793

Masih di kabupaten Karanganyar, air terjun parang ijo berada tidak jauh dari area candi cetho. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit jaraknya.

Air terjun parang ijo
Instagram/@risa_sulistia

Air terjun ini dikelola mandiri juga oleh masyarakat sekitar. Sehingga eksotis alaminya masih sangat kental. Alam hijau dan batu-batuan masih sangat mampu menyegarkan batin sobat.

Untuk masuk ke air terjun parang ijo sobat piknik perlu mengeluarkan kocek sebesar 3000 rupiah saja. Dengan tambahan uang parkir 1000/motor atau 2000/mobil.

Menuju air terjun ini tergolong sangat mudah. Karena waktu tempuh yang sedikit, jarak yang dekat dan medan yang mudah. Jadi tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang sangat banyak.

Air Terjun Sewawar


Alamat: Jalan Trengguli, Jenawi, Trengguli, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794

Air terjun sewawar dan air terjun sedinding letaknya berdekatan. Bahkan pintu masuk area wisata ini hanya satu.

Air terjun sewawar
Instagram/@ayodolan

Posisi air terjun sewawar lebih dekat dari pintu masuk. Hanya sekitar 100 meter. Tidak dibutuhkan banyak tenaga untuk mencapai area ini. Karena medannya yang relatif mudah.

Tinggi aliran air terjun sewawar sekitar 25 meter. Dan untuk lebar dasar airnya sekitar 15 meter.

Memasuki area grojogan sewawar ini sobat hanya diminta membayar tiket masuk 3000/orang. Dan biaya parkir 2000/motor saja. Cukup murah, dengan membayar total biaya 5000 rupiah sobat sudah bisa menikmati dua wisata alam yang sangat asri.

Air Terjun Sedinding


Alamat: Jalan Trengguli, Jenawi, Trengguli, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa grojogan sedinding atau air terjun sedinding ini berada dalam satu lokasi dengan grojogan sewawar.

Air terjun sedinding
Instagram/@_epring

Jadi setelah memasuki pintu masuk dan membayar tiket 3000 rupiah tadi. Sobat yang berjalan memasuki lokasi tujuan air terjun akan menemui persimpangan. 

Nah, sobat yang ingin mengunjungi air terjun berdinding harus memilih jalan yang lurus. Perjalanan akan lebih ekstrim dibanding jalan menuju air terjun sewawar.

Sekitar 300 meter dari pintu masuk sobat harus menyusuri jalan yang menanjak dan licin. Jadi sobat perlu kehati-hatian yang ekstra disini.

Namun saat melintasi jalanan ini sobat piknik akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Hijau-hijau perkebunan warga akan mengiringi perjalanan sobat sekalian.

Tinggi grojogan ini sekitar 7 meter dengan lebar aliran air di bawahnya 2 meter. Sobat bisa bermain air dan berenang disini. Ada penyewaan ban juga yang disediakan.

Air Terjun Jurang Jero


Alamat: Gerdu, Karangpandan, Gerdu, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57791

Belum banyak yang mengetahui adanya air terjun satu ini. Karena belum ada pengembangan yang besar pada destinasi karanganyar ini.

Air terjun jurang jero
Instagram/©andimuslim

Oleh karena itu, sobat akan mendapat sensasi alam yang maksimal disini. Belum banyak polesan di tempat ini. Dan pengunjungnya pun masih sangat sedikit. Apalagi di hari-hari biasa.

Karena belum ada pengembangan yang dilakukan di grojokan jurang jero ini. Mengakibatkan akses jalan yang masih minim. Jalan menuju air terjun hanya muat untuk 1 mobil saja. Jadi ketika berpapasan dengan mobil lain di depan, salah satu harus mengalah terlebih dahulu.

Disarankan untuk sobat yang henda berkunjung untuk menggunakan motor saja, lebih efisien perjalanannya. 

Tiket masuk tidak ada ke lokasi ini. Sobat hanya perlu membayar parkir di rumah warga sekitar saja saat menitipkan kendaraan.

Air Terjun Pringgondani


Alamat: Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Disebut-sebut sebagai tempat yang disakralkan. Air terjun pringgondani memang digunakan sebagai tempat pemujaan dan tempat petilasan oleh kepercayaan tertentu.

Air  terjun pringgondani
Instagram/@ridwandva_

Tinggi air terjun ini mencapai 100 meter lebih dengan 2 tingkatan. Jadi untuk melihat keseluruhan air terjun hanya bisa dilakukan dari atas. Jika dilihat dari bawah, puncak air terjun tidak akan terjangkau penglihatan mata.

Letaknya tepat di bawah kaki gunung lawu. Dengan pemandangan hijau hutan yang eksotis sangat terasa disini. Dari jalan utama sobat piknik harus menempuh perjalanan sekitar 2 km.

Untuk mencapai air terjun pringgondani sobat piknik harus melintasi perkebunan milik warga sebagai awal perjalanan. Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak dengan anak tangga semen.

Setelah sobat menemukan pertigaan. Jika sobat belok ke kiri maka akan menuju rumah joglo yang digunakan sebagai tempat petilasan. Rumah ini milik eyang Kancanegara.

Jika sobat menilih belok ke kanan, maka sobat akan menuju ke sendang temanten yang memiliki 7 mata air. Dan juga merupakan lokasi menuju air terjun pringgondani.

***

Itulah tadi air terjun atau grojogan yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Jika sobat ingin mengunjungi tempat itu pastikan memiliki kendaraan yang prima dan juga tetap menjaga sikap, juga kebersihan.

Dan biasanya, jam beroprasi destinasi ini pagi jam 7 sampai jam 5 sore. 

Selamat jalan-jalan, sobat.

Hobi banget traveling! Hampir setiap hari jalan-jalan, minimal jalan di tempat.

Jangan Lewatkan!

3 komentar:

  1. Di Tempat saya ada kok air terjun seperti itu, sama indahya..... rasanya kalau dekat air terjun, bawaannya pengen mandi. :)

    BalasHapus
  2. Keren-keren air terjunnya, seger banget ya kalau nyemplung kayanya.

    BalasHapus
  3. Kenapa air terjun nggak di cegah untuk terjun ? Kasian tau ckck

    BalasHapus