11 Tips Sukses Liburan Budget Murah Tapi Bakal Seru Parah

Traveling yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran kembali kadang sering ditahan-tahan. Karena dianggapnya jika pergi berlibur maka dibutuhkan biaya yang banyak.
Sedangkan kebutuhan harian masih pas-pasan. Sebuah dilema memang untuk memutuskannya. Namun jika liburan dilakukan sekali-kali, belum tentu 1 semester bisa dilakukan. Sebaiknya ambil keputusan untuk pergi liburan saja. 

Tips liburan murah backpacker
Tips Liburan Murah

Karena sebenarnya liburan tidak perlu banyak mengeluarkan biaya. Pengeluaran saat liburan bisa disiasati dengan tips-tips yang akan diberikan berikut ini. Untuk sobat piknik yang ngebet pengen liburan, ayo mantapkan hati setelah membaca tips berikut ini.

1. Mencari Informasi Tentang Tempat Tujuan


Sebelum pergi, hal yang paling utama dilakukan adalah menentukan tujuan liburan. Apakah ada tempat yang sangat ingin dikunjungi. Tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati waktu santai sejenak.

Setelah tujuan ditentukan, maka tahap selanjutnya adalah mencari informasi tentang tujuan tersebut. Bisa dari sumber mana saja. Internet, buku traveling, majalah-majalah.

Kumpulkan Info Tujuan Wisata

Selain itu juga, informasi bisa kita cari dari orang yang sudah pernah mendatangi tempat tujuan kita. Memperoleh informasi langsung dari yang pernah langsung mendatangi tempat tersebut pasti akan lebih valid dan terbayang tentang persiapan kita berkunjung.

2. Hindari Datang Saat Musim Liburan


Jika sudah menetapkan tempat tujuan. Maka sobat piknik disarankan untuk berkunjung pada saat low season. Hal tersebut menentukan kenyamanan sobat juga saat liburan.

Jika datang saat high season dipastikan tempat tersebut sangat ramai pengunjung. Dan kita tidak bisa leluasa disana. Contohnya saja saat kita ingin mengabadikan pengalaman kita dengan berfoto. Namun karena pengujung yang padat maka akan sulit mendapat jepretan yang bagus.

Selain hal itu juga, bila sobat datang saat musim liburan maka semua fasilitas akan lebih mahal dibanding hari biasa. Misalnya saja tiket masuk lokasi dan penginapan di sekitar lokasi. Pasti akan memberi harga yang lebih mahal.

3. Pesan Penginapan Nyaman dan Sesuai Budget


Tidak perlu menginap di hotel berbintang 5 untuk mendapat kenyamanan. Kita hanya perlu mengistirahatkan badan kita sebelum besok melanjutkan perjalan ke tempat wisata lain.

Jadi pilihlah tempat istirahat yang sederhana saja. Privasi dapat, fasilitas cukup. Sudah, tidak perlu berlebihan. Alokasikan budget untuk keperluan lainnya saja. Toh kita akan tinggal dipenginapan hanya sebentar saja hanya di waktu beristirahat bukan?

4. Pergi Bersama Rombongan Atau Grup Traveling


Pergi dengan teman yang memiliki hobi sama. Hal ini menjadi tips  selanjutnya. Jika kita melakukan solo traveling maka pengeluaran pasti lebih besar dibanding jika kita pergi bersama partner. 

Kita bisa patungan untuk membayar sewa penginapan, atau jika kita menggunakan sewa transportasi.

Sarannya, sobat pilih partner yang benar-benar cocok dengan sobat. Agar liburan tetap menyenangkan saat diingat-ingat nantinya. 

Saat ini juga banyak jasa open trip dengan mengumpulkan traveler-traveler yang ingin berlibur ke suatu tempat. Momen ini bagus juga untuk menolong budget sobat untuk dana transportasi. Dan poin plusnya sobat bisa mendapat teman baru juga.

5. Catat Pengeluaran Selama Liburan


Bawa buku catatan kecil dan alat tulis di tas. Tulis pengeluaran yang sobat gunakan saat liburan berlangsung. Hal ini dapat menjadi mengingat untuk sobat agar menggunakan budget liburan dengan bijak.

Mencatat Pengeluaran Liburan
Mencatat Pengeluaran Liburan

Jika sudah dirinci semua pengeluaran dan dibandingkan dengan sisa budget, maka sobat akan bisa memutuskan dana yang sobat persiapkan akan meng-cover liburan sobat atau tidak.

6. Makan di Tempat Sederhana dan Berada di Luar Lokasi Liburan


Walaupun sobat harus hemat saat liburan, jangan menjadi alasan agar sobat makan sembarangan. Sobat tetap perlu makan makanan yang sesuai asupan tubuh sobat. Karena perut yang kenyang menentukan kebahagiaan juga.

Makan di Tempat sederhana

Selain itu, sobat juga bisa menggunakan momen ini untuk memperkaya kuliner di suatu tempat yang jarang sobat kunjungi. Mencicipi penganan dari tempat baru dan belum pernah dicoba sebelumnya.

Namun sobat sebisa mungkin untuk dapat menghindari makan di tempat sobat berlibur. Karena kebanyakan tempat makan di lokasi liburan membandrol tiap menunya lebih mahal. Jadi sebaiknya makan saja di luar lokasi wisata.

7. Tidak Perlu Belanja Berlebihan


Budaya di Indonesia memang saat orang lain liburan maka akan menitip oleh-oleh saat sobat kembali nanti. Hal tersebut akan terngiang di pikiran sobat saat liburan. Apalagi teman-teman adalah rekan kerja yang bertemu setiap hari. Mungkin juga saudara atau tetangga yang akrab.

Jangan sampai budget oleh-oleh merusak liburan hemat sobat ya. Bijak membeli barang yang akan dibawakan untuk buah tangan. Belilah barang yang unik dan memiliki ciri khas dari tempat yang sobat kunjungi.

Dan perlu sobat ingat bahwa usahakan sobat membeli souvenir di luar lokasi wisata. Untuk mendapat harga yang lebih murah.

8. Bawa Uang Tunai


Membawa uang tunai akan memudahkan sobat untuk mengetahui berapa banyak dana yang sudah sobat gunakan. Karena sisa budget akan bisa langsung dihitung. 

Juga saat sobat melakukan wisata akan lebih mudah membayar apapun dengan uang cash. Namun sobat tetap membawa kartu atm atau kartu kredit untuk berjaga-jaga.

9. Pilih Waktu Perjalanan Saat Malam Hari


Memilih perjalan di malam hari akan lebih hemat loh sobat. Bila tujuan sobat membutuhkan waktu yang lama. Karena sobat tidak perlu memikirkan biaya menginap lagi. 

Sobat bisa beristirahat di kendaraan sampai tiba di lokasi tujuan. Jadi menyelam sambil minum air sobat. :D

10. Tentukan Kisaran Budget yang Boleh Dihabiskan Setiap Hari


Perincian sebelum melakukan pengeluaran juga perlu dilakukan sobat. Hal ini akan membantu sobat menentukan berapa budget yang boleh sobat keluarkan tiap hari saat liburan .

Tidak perlu saklek harus sesuai budget harian. Namun perincian digunakan untuk memberi kisaran diri sobat agar tidak menghabiskan banyak budget di satu hari saja.

11. Mencari Promo Tiket Pesawat Murah


Untuk transportasi, jika perjalanan memungkinkan ditempuh jalur darat maka akan lebih hemat. Walaupun akan memakan waktu lebih lama dibanding jalur udara.

Transportasi Hemat Traveling
Transportasi Hemat Traveling

Namun jika sobat ingin cepat dan memilih menggunakan jalur udara maka sobat perlu mengecek harga tiket secara berkala. Karena promo dan potongan harga untuk tiket pesawat tertentu ada di waktu yang tidak diduga. Dan pasti banyak yang menunggu momen tersebut.

Jadi jika sobat ingin dapat layanan promo tiket murah. Sobat harus rajin cek situs pembelian tiket online dan segera membelinya sebelum tiket dibeli orang lain.

***

Itulah tips ciamik liburan hemat dari kebanyakan piknik. Untuk sobat yang sudah mulai pucat, ayo mantapkan hati dengan bulat untuk bergegas liburan. Persiapkan segala sesuatunya, urus cuti dan biaya hematnya. Ayo buat cerita liburan berkesan dan menyenangkan. ^^

3 komentar untuk "11 Tips Sukses Liburan Budget Murah Tapi Bakal Seru Parah"

Comment Author Avatar
Berkunjung lagi di blog ini, setelah cukup lama tak saling kunjung.
Apa kabar, mas ?.

Sedikit tips liburan dari aku, begini mas : siapkan 2 atau 3 kostum cadangan buat berganti di lokasi wisata yang berbeda dan letak lokasi wisatanya searah dengan tujuan liburan kita.
Kadang di tengah perjalanan, tau-tau nemu lokasi wisata yang belum dikenal banyak orang loh, bahkan belum diulas di berita.
Kalo nemu lokasi wisata baru di jalur searah yang kita datengin, kan asik buat foto-foto soalnya kita udah bawa cadangan kostum :)
Comment Author Avatar
Salam kunjungan dan follow sini ya :)